Mengenal Tuak Beras Dalam Tradisi Suku Dayak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Kamis 03-10-2024,15:27 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Ibu menyususi yang meminum tuak, kandungan nutrisi dan gizi dalam ASI dapat terjaga. Kualitas ASI yang diberikan kepada bayinya juga tidak akan turun.

BACA JUGA:Perusahaan di Seluma Wajib Bantu Tanggung Iuran BPJS Warga Desa Penyangga

4. Menjaga Kehangatan Tubuh

Tuak mengandung alkohol, dimana fungsi alkohol sendiri di daerah bersuhu rendah memang digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Tidak hanya di daerah bersuhu rendah, terkadang di wilayah tropis seperti Indonesia juga mengalami cuaca, dimana suhu lingkungan sangatlah rendah.

Apabila suhu lingkungan sangat rendah dan badan merasakan kedinginan, meminum tuak dapat membantu menghangatkan tubuh agar tidak terlalu kedinginan.

BACA JUGA:Menguak Kasus P Diddy, Rapper yang Viral Diduga Lakukan Pelecehan Seksual hingga Perdagangan Manusia

5. Mengatasi Sariawan

Kemudian, tuak yang memiliki kandungan vitamin C dipercaya juga mampu mengatasi sariawan. Tidak hanya mengatasi sariawan, kandungan vitamin C yang terdapat pada tuak juga mampu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh sariawan.

Selain itu, tuak dapat membantu menghilangkan bau mulut dan panas dalam. Sehingga kesehatan mulut dapat terjaga dengan meminum tuak.

6. Menyehatkan Tulang

Semakin bertambahnya usia, kesehatan tulang biasanya juga dapat melemah. Tulang dapat dapat mengalami kekeroposan dan kepadatan tulang menurun.

Untuk menjaga kepadatan tulang agar tetap terjaga, tuak dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Kandungan vitamin pada tuak dapat mengembalikan lagi kepadatan tulang yang rapuh.

BACA JUGA:Penghasil Kaviar Terbesar di Dunia, Ikan Sturgeon Termasuk Jenis Ikan Apa?

7. Sebagai Obat Penenang

Insomnia atau kesusahan tidur merupakan jenis penyakit yang terjadi karena banyak pikiran atau pikiran yang tidak tenang.

Kategori :