Catat! Ini 6 Strategi Tepat Mengelola Dana Darurat, Solusi Kebutuhan Cepat

Kamis 03-10-2024,19:28 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Selanjutnya, kamu harus membuat perencanaan yang konsisten. Jumlah dana darurat yang diperlukan setiap orang berbeda-beda.

Setelah mengetahui berapa dana darurat yang diperlukan, segera sisihkan sebagian uang untuk dana darurat. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, target dana darurat bisa tercapai.

3. Masukkan dalam Rencana Keuangan

Tabungan dana darurat harus dimasukkan dalam rencana keuangan setiap bulannya. Tentukan berapa besaran tabungan setiap awal bulan dan setorkan di awal bulan juga. 

Sebab, jika ditunda-tunda ini akan berpotensi batalnya uang tersebut masuk dalam dana darurat. Kemudian, apabila ada sisa uang belanja di akhir bulan, maka sebaiknya juga masukkan uang tersebut ke dana darurat.

BACA JUGA:Cara Membuat Anggaran Rumah Tangga untuk Pemula, Mudah dan Pasti Berhasil

4. Buka Beberapa Rekening

Pisahkan rekening untuk dana darurat dan rekening yang digunakan untuk keperluan lainnya. Dengan begitu, dana darurat tidak terganggu atau terpakai untuk keperluan yang tidak mendesak.

Itulah mengenai strategi mengolah dana darurat. Kenapa kamu harus memiliki persiapan dana darurat?

Jawabannya, karena tidak selalu perjalanan hidup sesuai dengan perencanaan, bahkan beberapa kejadian dalam hidup ini adalah berdasarkan hal-hal tak terduga.

BACA JUGA:Pejabat BPJN Batal Bebas, MA Kabulkan Kasasi Kejari Mukomuko Dalam Kasus Korupsi

Manfaat dan Pentingnya Dana Darurat

Dana darurat sangatlah penting karena dapat memberikan perlindungan finansial pada saat menghadapi situasi tak terduga.

Selain itu, ada banyak manfaat dan pentingnya dana darurat, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengatasi Situasi Darurat

Pertama, seperti dijelaskan sebelumnya jika kehidupan penuh ketidakpastian, dan situasi tak terduga bisa datang kapan saja. Nah, dana darurat dapat mengatasi situasi darurat yang mengharuskan kita dapat mengganggu finansial kamu.

Kategori :