Iklan RBTV Dalam Berita

Ternyata Ini Asal Penamaan Pantai Sungai Suci di Bengkulu Tengah, Pasti Banyak yang Belum Tahu

Ternyata Ini Asal Penamaan Pantai Sungai Suci di Bengkulu Tengah, Pasti Banyak yang Belum Tahu

Sejarah asal nama Sungai Suci di Bengkulu Tengah--

BENGKULU TENGAH, RBTVCAMKOHA.COM - Pantai Sungai Suci, yaa hampir seluruh warga Bengkulu Tengah khususnya, dan warga dalam Provinsi Bengkulu umumnya sudah tahu dan mengenal dengan salah satu wisata andalan ini.

Namun sebagian besar belum mengetahui asal diberi nama Sungai Suci, serta di mana letak sungai yang dimaksud tersebut? Nah, tim rbtdisway.id langsung mencari tahu dengan menemui tokoh masyarakat setempat.

Yabani, penduduk setempat yang lahir pada tahun 1943 di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah, menceritakan asal penamaan sungai yang saat ini disebut Sungai Suci.

BACA JUGA:Geger! Pria Paru Bayah Ini Dibacok Oleh Pengendara Motor yang Tak Dikenal, Begini Kondisinya

Sungai yang berada di wisata objek wisata Pantai Sungai Suci saat ini, dahulunya bernama Sungai Air Kelapa oleh warga setempat. 

Di sungai ini, dijadikan sebagai tempat mencuci, khususnya pakaian atau kain seorang ibu yang baru melahirkan.

Selain dikenal sebagai Sungai Air Kelapa, penduduk setempat juga menyebut sungai ini dengan sungai cuci, dikarenakan memang tempat mencuci dikarenakan kala itu air sungai ini deras dan cukup jernih.

"Sungai yang berada di wisata Pantai Sungai Suci, kami menyebutnya Sungai Air Kelapa atau Sungai Cuci. Dikarenakan memang sungai tersebut tempat penduduk dahulu mencuci pakaian, khususnya ibu-ibu yang baru melahirkan," jelas Yabani.

BACA JUGA:Simulasi Angsuran Toyota Innova Reborn DP Rp 35 Juta, Segini Cicilannya per Bulan

Namun seiring perubahan zaman, serta kawasan pantai ini akan dijadikan objek wisata oleh pemerintah, maka diubah nama menjadi Sungai Suci, hingga penamaannya saat ini dikenal dengan Pantai Sungai Suci.

Yabani menambahkan, dirinya tidak mengetahui secara persis perubahan nama ini. Namun dirinya mengingat penyebutan menjadi Pantai Sungai Suci oleh pemerintah kala itu, terjadi sekitar di 1991.

"Saya kurang tahu kenapa justru saat ini Sungai Air Kelapa ini diubah jadi Sungai Suci. Apakah pengubahan nama dikarenakan dulu jadi tempat cuci, sehingga lebih fasih disebut sebagai Sungai Suci," tambah Yabani.

BACA JUGA:Viral! Aksi 4 Polisi Gadungan dengan Senjata Pistol serta Borgol Mainan, Meras Warga Minta Uang Rp 50 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: