7 Cara Merawat Blender agar Awet Sampai Puluhan Tahun, Bisa Langsung Dicoba

Jumat 04-10-2024,09:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Sering kali blender menghasilkan bau terbakar saat digunakan. Tentu saja, hal itu bukan kondisi normal dan perlu segera mengambil tindakan.  

Masalah ini terjadi ketika motor sudah pada suhu tinggi dan dikombinasikan dengan bunga api sehingga menghasilkan bau terbakar. Bila mendapati masalah ini, segera mematikan blender, cabut dari stopkontak, dan biarkan blender mendingin.  

BACA JUGA:Demi Orang Tua, Lelaki ini Rela Tanggalkan Jabatan Yang Banyak Diinginkan Orang Lain

7. Blender menghasilkan percikan api  

Setiap kali melihat blender menghasilkan percikan api, itu terjadi karena korsleting antara komutator dan sikat. Terkadang bunga api dipicu oleh gesekan antara komutator serta sikat.

Selain menghasilkan percikan api, korsleting juga mempengaruhi distribusi arus listrik sehingga tidak stabil. Kondisi inni juga membuat rotasi motor menjadi tidak stabil.

8. Sakelar rusak

Banyak blender datang dengan sakelar dan sering mengalami masalah pada sakelar tersebut. Bahkan blender tangan juga mengalami masalah terkait dengan sakelar. Kecepatan bilah blender tergantung pada sakelar mana yang telah ditekan.

BACA JUGA:Ada yang Nekat Membuat Laporan Palsu ke Polisi, Apakah Pelakunya Bisa Dihukum Penjara?

Namun, terkadang sakelar tidak berfungsi. Untuk itu, periksa sakelar menggunakan volt-ohm meter. Jika mendapatkan pembacaan yang rendah, itu berarti sakelar berfungsi setelah beberapa waktu.

Namun, apabila mendapatkan bacaan lain, perbaiki atau ganti sakelar.  Itu dia cara merawat blender agar awet sampai puluhan tahun dan apa saja jenis kerusakan yang umumnya terjadi, semoga informasi ini dapat membantu, ya!

Putri Nurhidayati

Kategori :