7 Cara Merawat Blender agar Awet Sampai Puluhan Tahun, Bisa Langsung Dicoba

Jumat 04-10-2024,09:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Biasanya, ketika motor terlalu panas, relai termal mati sendiri untuk melindungi mesin. Saat itulah, blender berhenti bekerja di tengah jalan atau saat beroperasi.  

2. Blender berputar lambat  

Permasalahan umum lainnya yang kerap dialami blender adalah kekuatan atau daya putar. Blender yang awalnya memutar sangat cepat, tiba-tiba menjadi menurun atau tidak stabil. Masalah ini terjadi ketika sikat mengalami keausan atau menjadi sangat tipis.

BACA JUGA:Cerita Selebgram Anastasia Noor Widiastuti, Jadi Korban KDRT Mantan Suami, Kekerasan Terjadi di Depan Anak

3. Blender menghasilkan suara berdengung, tapi tidak berjalan  

Blender yang mengeluarkan suara berdengung, tetapi bilah tidak berputar, disebabkan motor listrik kehilangan momentum karena korsleting pada belitan stator atau rotor.

Segera hentikan penggunaan blender dan cabut dari stopkontak. Jika tidak, kondisi ini bisa membuat blender terbakar.

4. Blender tidak berfungsi

Blender yang sudah cukup tua kemungkinan besar akan menghadapi berbagai masalah seperti kerusakan pada kabel daya, kegagalan relai termal, kegagalan tombol, kerusakan gigi mesin, sikat yang rusak, atau motor yang rusak.

Jika blender tidak berfungsi, saatnya memeriksa komponen-komponen yang disebutkan di atas dan mencari tahu yang mana penyebabnya.

Satu-satunya cara memperbaiki blender adalah mengganti komponen yang rusak dengan yang baru untuk memastikan blender berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Terlibat Tawuran, 15 Siswa SMA dan SMK Diamankan Polisi

5. Poros pisau macet

Selanjutnya, permasalahan umum blender lainnya adalah poros pisau macet. Masalah ini sebagian besar terjadi ketika gagal membersihkan blender dengan benar dan partikel makanan menumpuk pada jalur rotasi sehingga menghalangi poros berputar dengan bebas.

Kondisi ini membuat blender mengeluarkan suara berisik. Untuk mengurangi kebisingan blender, kamu harus membongkar komponen, membersihkan blender, dan memasang kembali komponen tersebut.  

6. Bau terbakar dari blender

Kategori :