Ramalan Cuaca BMKG, Kapan Musim Hujan di Wilayah Jakarta? Ini Prediksi Puncaknya

Minggu 06-10-2024,15:21 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

- Memasang kasa nyamuk pada ventilasi dan jendela.

- Menanam tanaman pengusir nyamuk.

BACA JUGA:Samsung Galaxy Chromebook Plus Resmi Meluncur, Hadir dengan Fitur Google AI

5. Berolahraga secara Rutin

Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga secara rutin adalah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang tidak kalah penting.

Berolahraga secara rutin mampu menjaga sirkulasi darah serta mengoptimalkan kinerja sel darah putih yang berperan dalam sistem imunitas tubuh.

6. Mencukupi Asupan Vitamin C dan Vitamin D

Vitamin C dan vitamin D adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun. Sehingga, penting untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C dan D, tak terkecuali pada musim hujan.

Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita adalah 75 mg dan laki-laki sebanyak 90 mg.
Dapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, dan brokoli secara rutin. Bila perlu, konsumsi juga suplemen vitamin C tambahan sesuai anjuran dokter.

BACA JUGA:Paling Banyak Dicari! Ini Diecast Mobil Paling Laku di Indonesia

7. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tips menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya adalah dengan istirahat dan tidur yang cukup selama 7-9 jam per harinya. Hal ini penting dilakukan agar tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan energi. Mencukupi waktu tidur juga diketahui mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

8. Vaksinasi Rutin

Pencegahan penularan virus dan bakteri penyebab penyakit yang sering terjadi saat musim hujan dapat dilakukan melalui vaksinasi secara rutin.

Beberapa jenis vaksinasi rutin yang disarankan adalah vaksinasi influenza setiap 1 tahun sekali serta vaksinasi difteri dan tetanus setiap 10 tahun sekali.

Itulah mengenai informasi prakiraan musim hujan di wilayah Jakarta, semoga informasi ini dapat membantu agar kalian bisa lebih mempersiapkan kesehatan dan lain sebagainya.

Putri Nurhidayati

Kategori :