Prakiraan Puncak Musim Hujan di Kabupaten Cilacap dari BMKG

Senin 07-10-2024,11:33 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Prakiraan puncak musim hujan di Kabupaten Cilacap dari BMKG.

Saat ini, Indonesia sudah mulai menunjukkan tanda-tanda memasuki musim penghujan. Seperti yang kita ketahui, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

BACA JUGA:Prediksi Musim Hujan di Bengkulu, Ini Daerah Rawan Bencana Selama Musim Hujan 2024

Musim hujan seringkali menjadi momen yang sangat dinantikan oleh sebagian masyarakat, terutama setelah melalui musim kemarau yang panjang, yang tak jarang menyebabkan krisis air bersih di beberapa daerah.

Menurut laporan resmi dari BMKG, awal musim hujan di Indonesia selalu bervariasi tergantung wilayah.

Dimulai dari wilayah barat Sumatera, yang biasanya mengalami hujan lebih awal, yakni pada bulan Agustus 2024, kemudian secara bertahap menyebar ke wilayah timur hingga mencapai bulan Desember 2024.

BACA JUGA:Warga Alami Krisis Air Bersih, Kapan Musim Hujan di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah?

Kebanyakan wilayah di Indonesia diprediksi akan mulai merasakan hujan pada periode Oktober hingga November 2024.

Musim hujan kali ini diprediksi akan datang lebih cepat dibandingkan rata-rata. Kondisi curah hujan pada musim hujan 2024/2025 diperkirakan akan berada dalam kategori Normal.

Artinya, kita tidak akan mengalami kondisi yang terlalu basah atau terlalu kering. Puncak musim hujan untuk wilayah Indonesia bagian barat akan terjadi pada November hingga Desember 2024, sementara untuk wilayah bagian timur akan mencapai puncaknya pada Januari hingga Februari 2025.

Namun, pertanyaannya sekarang adalah, kapan musim hujan akan mulai di Kabupaten Cilacap? Berikut informasi yang telah dirilis oleh BMKG.

BACA JUGA:Tanda-tanda Kedatangan Musim Penghujan di Indonesia, Ini Prakiraan Puncaknya Menurut BMKG

Prakiraan Musim Hujan di Cilacap 2024

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, menyatakan bahwa prakiraan awal musim hujan untuk wilayah Kabupaten Cilacap diperkirakan akan terjadi pada rentang dasarian ketiga bulan September hingga dasarian ketiga bulan Oktober 2024.

Untuk yang belum tahu, dasarian adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan periode sepuluh hari dalam satu bulan.

Jadi, dasarian ketiga bulan September artinya adalah periode 21 hingga 30 September, dan seterusnya.

Kategori :