Kapan Musim Hujan 2024 di Bojonegoro? Ini Prakiraan Awal hingga Puncaknya dari BMKG

Selasa 08-10-2024,09:23 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Peringatan Cuaca BMKG, Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan

Zem berharap, Pemkab Bojonegoro berikut masyarakatnya bersiap menghadapi musim penghujan tersebut. Sebab, ada potensi bencana menyertai.

"Bencananya hidrometeorologi. Seperti banjir dan tanah longsor," pungkas pria yang juga pernah berdinas di BMKG Stasiun Meteorologi Tanjung Perak ini.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Laela Noer Aeny menyebut, pihaknya sudah mewaspadai potensi bencana di musim penghujan mendatang.

"Kami sudah punya peta kerawanan bencana terbaru. Seperti bencana banjir bandang," ujar pejabat akrab disapa Aeny tersebut.

Berdasarakn peta dimaksud, ada lima kecamatan rawan diterjang banjir bandang. Meliputi Kecamatan Sekar, Bubulan, Temayang, Dander, dan Ngasem.

"Lima wilayah itu paling kami atensi di musim penghujan. Sewaktu-waktu ada banjir bandang di situ, kami sudah siap menangani," pungkasnya.

BACA JUGA:Peringatan Cuaca BMKG, Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan

Rincian Prediksi Hujan Kabupaten Bojonegoro

Untuk tahun 2024, prakiraan curah hujan di Kabupaten Bojonegoro menunjukkan bahwa musim hujan diperkirakan dimulai pada bulan Oktober hingga November. Berikut adalah beberapa rincian prediksi curah hujan untuk Bojonegoro:

1. Awal Musim Hujan

Diperkirakan terjadi pada bulan Oktober (31,0%) dan November (66,2%).

2. Puncak Musim Hujan

Diperkirakan akan terjadi pada bulan Februari 2024.

3. Curah Hujan Bulanan

Prediksi curah hujan bulanan untuk enam bulan ke depan menunjukkan variasi yang signifikan, dengan beberapa bulan diperkirakan memiliki curah hujan yang lebih tinggi dari rata-rata.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail atau spesifik, Anda bisa mengunjungi situs BMKG atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro untuk pembaruan terbaru.

Kategori :