Kapan Musim Hujan 2024 di Bojonegoro? Ini Prakiraan Awal hingga Puncaknya dari BMKG

Selasa 08-10-2024,09:23 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Kualifikasi Pendidikan dalam Seleksi PPPK Tak Tersedia, Ini Saran BKD Provinsi Bengkulu

Sementara itu, untuk informasi tambahan, simak beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai tanda-tanda bahwa suatu wilayah tersebut akan memasuki musim hujan.

Tanda-tanda Musim Hujan Segera Tiba

1. Massa Udara Basah

Pertama ada massa udara basah, konsentrasi massa udara basah ini merupakan salah satu faktor yang mendukung terjadinya hujan. Hal ini disebabkan karena adanya penguapan dan tingkat kelembaban udara yang tinggi.

2. Meningkatnya Curah Hujan

Selanjutnya adalah terjadinya peningkatan curah hujan, yakni arah datang angin. Pada sisi pegunungan atau gunung yang menghadap arah datang angin lembab (windward side), di mana tingkat curah hujannya juga akan sangat tinggi.

BACA JUGA:Apa Itu Bencana Hidrometeorologi? Beberapa Wilayah Status Wadpada Terdampak Selasa 8 Oktober

3. Pertumbuhan Awan Hujan

Pola cuaca yang tidak biasa seperti angin kencang, suhu tinggi, dan kelembapan udara menyebabkan pertumbuhan awan hujan meningkatkan peluang terjadinya hujan.

4. Angin Monsun Asia atau Angin Baratan

Monsun merupakan salah satu faktor yang memengaruhi cuaca dan iklim di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh perbedaan panas antara daratan dengan lautan.

BMKG mengungkapkan angin monsun baratan menjadi indikator musim hujan di Indonesia. Di mana angin yang membawa uap-uap air bertiup dari Samudra Pasifik menuju Asia pada Oktober sampai April di setiap tahunnya.

BACA JUGA:Peringatan Cuaca BMKG, Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan

Persiapan Menjelang Musim Hujan

Dilansir dari situs resmi Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, persiapan menghadapi musim hujan akan memudahkan masyarakat ketika hujan turun di waktu yang tidak menentu.

Persiapan yang dilakukan juga dapat menghindarkan masyarakat dari potensi paparan penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan musim hujan.

Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan untuk melindungi kita saat musim hujan:

Kategori :