Kapan Musim Hujan 2024 di Bojonegoro? Ini Prakiraan Awal hingga Puncaknya dari BMKG

Selasa 08-10-2024,09:23 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kapan musim hujan di Bojonegoro 2024? Ini prakiraan awal hingga puncaknya dari BMKG.

Musim hujan merupakan periode ketika curah hujan di suatu wilayah meningkat secara tetap dalam jangka waktu tertentu.

BACA JUGA:Di Provinsi Ini Suhu Cuaca Panas Nyaris Menyentuh 39 Derajat Celcius

Di Indonesia, umumnya musim hujan terjadi pada bulan Oktober hingga Maret. Hal ini disebabkan oleh angin muson barat yang membawa banyak uap air dari benua Asia ke benua Australia.

Kabar baiknya, di Kabupaten Bojonegoro pada bulan Oktober 2024, musim kemarau yang kering dan menimbulkan bencana krisis air bersih, sudah mulai berangsur pergi.

Hal itu ditegaskan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Iranto Padama.

"Saat ini Kabupaten Bojonegoro sedang memasuki musim pancaroba atau peralihan. Dari kemarau ke penghujan," ujarnya, Senin (7/10/2024) siang.

Musim pancaroba ini, kata Zem sapaannya, terjadi sejak akhir September 2024 kemarin dan berlangsung hingga pekan ketiga Oktober 2024 mendatang.

"Lalu akhir Oktober 2024, Kabupaten Bojonegoro akan memasuki musim penghujan," imbuh pria asal Kota Jayapura, Papua ini.

BACA JUGA:Sempat Hilang Sepekan, Bocah Laki-laki 4 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Bawah Gardu Listrik

Zem meneruskan, musim penghujan yang mulai berlangsung pada akhir Oktober 2024 itu akan dialami sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro.

"Sebagian kecil wilayah Kabupaten Bojonegoro, akan menyusul. Memasuki musim penghujan pada awal November 2024," terangnya.

Sebagian kecil wilayah dimaksud, ungkap Zem, berada di bagian timur. Meliputi Kecamatan Balen, Sumberrejo, Kepohbaru, Baureno, dan Kanor.

Terkait puncak musim hujan di Kabupaten Bojonegoro, lanjut pria pernah berdinas di BMKG Stasiun Meteorologi Juanda ini, akan berlangsung pada Januari 2025.

"Puncak musim hujan mulai Januari 2025. Berakhir pada Februari 2025," tutur alumni Faklutas Matematika dan IPA Universitas Indonesia (UI) tersebut.

Kategori :