Sudah Lama Tak Kunjung Hujan, Kapan Musim Hujan di Bondowoso? Ini Perkiraan dari BMKG

Selasa 08-10-2024,10:53 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

15. Lamongan

16. Lumajang

17. Sampang

18. Sidoarjo

19. Situbondo

20. Sumenep

21. Tuban, dan Tulungagung.

“Ada dua wilayah yang mengalami awal hujan bulan September 2024 yakni Lumajang dan Kabupaten Malang. Sementara Situbondo akan mengalami awal musim hujan lebih lambat yakni pada Desember 2024,” jelas Anung.

Anung mengatakan, sekitar 46 ZOM di Jatim, mengalami musim hujan lebih awal jika dibandingkan dengan data 30 tahunan.

Adapun sifat hujan tahun 2024, lanjut Anung, dinilai normal di 51 ZOM Jatim, dengan curah hujan berkisar antara 1.000 hingga 2.500 mm.

Anung berharap, lewat data-data yang telah dirilis oleh  BMKG Jatim bisa menjadi acuan Pemerintah Daerah atau Kota dan beberapa stakeholder terkait, bisa menyiapkan antisipasi bencana hidrometerologis saat musim hujan datang.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Gresik Tiba? Ini Ramalan Cuaca BMKG

“Kami mengimbau agar seluruh pihak bisa lebih siap dan melakukan beberapa antisipasi terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem pada masa peralihan atau pancaroba, yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometerologis seperti, banjir, banjir bandang, sedimentasi waduk, serta perlunya kesiapan inspeksi struktur bangunan dan jaringan,” ungkap Anung.

Selain itu, Anung juga meminta agar pemda atau pemkot setempat bisa lebih optimal dalam mengedukasi masyarakat tentang cara menghadapi risiko bencana yang berpotensi terjadi selama periode musim hujan.

“Tidak kalah penting adalah menyusun rencana early action untuk menekan kerugian yang timbul akibat bencana,” tandasnya. 

Karakteristik Hujan di Bondowoso

Menurut prakiraan dari BMKG, musim hujan di Bondowoso untuk periode 2024-2025 diprediksi akan memiliki karakteristik sebagai berikut:

Kategori :