BMKG Ungkap Prediksi Awal Musim Hujan di Malang Terjadi di Bulan Ini, Kapan Puncaknya?

Selasa 08-10-2024,11:05 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Sementara itu, untuk Kota Malang, informasi lebih lanjut diberikan oleh Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Timur, Anung Suprayitno. Ia menjelaskan bahwa musim hujan di Kota Malang akan terdaftar dalam 23 ZOM yang terjadi pada bulan Oktober dan 49 ZOM pada bulan November 2024.

"Akan ada 23 zona musim (ZOM) atau sekitar 31,0 persen wilayah di Jatim mengalami awal musim hujan pada Oktober 2024. Wilayah itu di antaranya termasuk Kabupaten dan Kota Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Jember, Jombang, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Madiun, Lamongan, Lumajang, Magetan, Malang, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Kabupaten Probolinggo, Trenggalek, Tuban, dan Tulungagung,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan 2024 di Bojonegoro? Ini Prakiraan Awal hingga Puncaknya dari BMKG

Adapun untuk 49 ZOM yang akan mengalami musim hujan pada bulan November 2024, daerah-daerah yang termasuk di dalamnya adalah Bangkalan, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kabupaten Kediri, Batu, Kabupaten dan Kota Malang, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Surabaya, Lamongan, Lumajang, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Tuban, dan Tulungagung.

Hal ini menunjukkan bahwa daerah-daerah tersebut perlu bersiap untuk menghadapi curah hujan yang meningkat.

Musim hujan di Indonesia umumnya menyebabkan peningkatan curah hujan yang signifikan, yang bisa berujung pada risiko terjadinya banjir, penurunan suhu udara yang lebih dingin di siang hari, dan bahkan kemungkinan meningkatnya frekuensi badai tropis.

BACA JUGA:Resahkan Pedagang, Polisi Ringkus Preman yang Jadi Dalang Pungli di Pasar Tumpah

Berdasarkan analisis BMKG, suhu rata-rata permukaan di wilayah Malang diperkirakan akan berkisar antara 25 hingga 30 derajat Celsius hingga Dasarian III bulan Oktober 2024.

Secara spesifik, suhu minimum diprediksi akan berada di antara 22 hingga 28 derajat Celsius, sedangkan suhu maksimum dapat mencapai antara 29 hingga 35 derajat Celsius.

Untuk itu, penting bagi warga Malang dan sekitarnya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi musim hujan yang akan datang. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil:

1. Membawa Payung atau Jas Hujan

Ketika beraktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk selalu membawa payung atau jas hujan.

Ini akan membantu Anda tetap kering dan menghindari kebasahan yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti flu dan infeksi saluran pernapasan.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Lumajang 2024? Catat, Ini Jadwalnya dari BMKG

2. Membawa Perlengkapan Hujan Lainnya

Selain payung atau jas hujan, bawa juga perlengkapan lain seperti sepatu anti air, sepatu bot, kantong hujan, dan terpal besar. Sepatu anti air akan melindungi kaki Anda dari genangan air, sedangkan kantong hujan dapat menjaga barang-barang penting tetap kering.

Kategori :