OTT di Kalimantan Selatan, KPK Sita Uang Rp 10 Miliar Lebih

Selasa 08-10-2024,11:42 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

"Persekongkolan penunjukan pelaksana proyek dengan permintaan sejumlah fee oleh penyelenggara negara menjadi praktik yang lazim dalam PBJ," ucap Alex.

Fakta selanjutnya, Lembaga antirasuah mengungkapkan jika uang diduga suap terkait PBJ telah diterima orang kepercayaan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Namun, hingga kini belum diketahui status hukum dari Sahbirin Noor.

"Patut diduga (Gubernur Kalsel). Uang baru sampai di tangan orang yang diduga kepercayaan gubernur," ungkap Alex.

BACA JUGA:Sebagian Daerah Mulai Merasakan Hujan, Kapan Musim Hujan di Jombang 2024 Turun?

Sementara itu, KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum dari para pihak yang tertangkap tangan tersebut.

Konferensi pers perihal kegiatan dimaksud termasuk penjelasan mengenai konstruksi perkara dan identitas para tersangka akan disampaikan KPK pada Selasa (8/10).

BACA JUGA:Sebagian Daerah Mulai Merasakan Hujan, Kapan Musim Hujan di Jombang 2024 Turun?

Profil Sahbirin Noor

Lantas siapakah sosok Sahbirin Noor yang terjaring OTT KPK ini?

Sebelum menjadi gubernur, Sahbirin bekerja sebagai Direktur Utama PT Jhonlin Sasangga Banua. Melansir dari situs web Pemprov Kalsel, Sahbirin lahir di Banjarmasin, 12 November 1967.

Sahbirin menempuh pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di kota kelahirannya. Ia menyelesaikan pendidikan dasar di MI TPI Budi Mulia Banjarmasin pada tahun 1982.

Kemudian, Sahbirin melanjutkan pendidikan ke SMPN 10 Banjarmasin (1985), kemudian ke SMAN 5 Banjarmasin (1988). Untuk pendidikan tingginya, ia menempuh studi di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary, Banjarmasin (1995).

BACA JUGA:Bikin Mewek, Ini Chat Terakhir Shintia Monica Bersama Calon Suami Rija Syahputra

Sahbirin lantas melanjutkan pendidikan pascasarjananya di Universitas Putra Bangsa, Surabaya (2005). Kemudian, ia melanjutkan studi doktoral (S3) di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin (2021).

Masih dari laman Pemprov Kalsel, istri Sahbirin bernama Raudatul Jannah. Pernikahan keduanya dikaruniai tiga orang anak.

Harta Kekayaan Sahbirin Noor

Usai KPK melakukan OTT di lingkungan Pemprov Kalsel, harta kekayaan Gubernur Kalses Sahbirin Noor menjadi sorotan. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, kekayaan Sahbirin Noor mencapai triliunan.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Lumajang 2024? Catat, Ini Jadwalnya dari BMKG

Kategori :