Jangan Asal, Begini Cara Menyimpan Sepatu di Kardus, Mudah dan Paling Efektif

Selasa 08-10-2024,19:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

2. Jangan Simpan Sepatu dengan Cara Ditumpuk

Tak bisa dimungkiri, banyak orang yang menyimpan sepatu dengan cara ditumpuk supaya lebih hemat tempat. Meskipun cara ini berlaku untuk penyimpanan sandal, tapi menumpuk sepatu bisa membuat perubahan bentuk pada sepatu tersebut. 

Dengan demikian, kamu jadi merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Oleh karena itu, simpanlah sepatu dengan menyusunnya secara rapi dan bersebelahan di tempatnya.

BACA JUGA:Hujan di Indonesia Belum Merata, Kapan Awal Musim Hujan di Banten 2024? Ini Prediksi dari BMKG

3. Selalu Bersihkan Bagian Dalam Sepatu

Jika kakimu sering mengeluarkan keringat yang mengakibatkan bau tak sedap, usahakanlah untuk selalu membersihkan bagian dalam sepatu setelah mengenakannya.

Kamu bisa membersihkannya menggunakan alkohol, bedak anti jamur, ataupun tea tree oil yang kerap dipakai sebagai aromaterapi. 

Jangan lupa, selalu gunakan kaus kaki supaya sepatu terlindungi dari keringat yang dapat menyebarkan bau dan mengikis sol bagian dalam sepatu.

BACA JUGA: Total Formasi PPPK Penata Layanan Operasional Dibutuhkan Tahun 2024

4. Gunakan Shoe Tree 

Koleksi sepatu yang disimpan dalam jangka waktu panjang dapat mengalami perubahan bentuk sehingga bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman saat dipakai. Nah, supaya bentuk sepatu kesayanganmu tidak berubah, kamu bisa menggunakan alat penyangga atau shoe tree.

Pilihlah shoe tree yang berbahan kayu karena selain mempertahankan bentuk sepatu, material kayunya juga dapat menyerap kelembapan pada sepatu. Jika kamu tidak memiliki shoe tree, coba gunakan gumpalan tisu atau kertas koran sebagai alternatifnya.

BACA JUGA:Curanmor di Kota Bengkulu Menjadi-jadi, di Kampung Kelawi 2 Unit Motor Langsung Di Gas Maling

5. Keringkan Sepatu Secara Alami

Jika sepatu kamu basah setelah digunakan dalam cuaca hujan atau aktivitas olahraga, pastikan untuk mengeringkannya secara alami sebelum disimpan.

Hindari penggunaan alat pemanas seperti pengering rambut atau sumber panas lainnya untuk mempercepat proses pengeringan. 

Kategori :