Cara Merawat Sepatu Kulit agar Tidak Mengelupas, No 4 Terlihat Sepele Padahal Penting

Jumat 11-10-2024,07:36 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

6. Keluarkan sepatu dari penyimpanan minimal dua minggu sekali

Jangan biarkan sepatu kulit Kickers atau merek lain yang jarang dipakai dibiarkan mendekam begitu saja di tempat penyimpanan. Hal ini justru dapat membuat sepatu berjamur, berbau, dan mengelupas karena lembap udaranya. 

Rutin keluarkan sepatu kulit yang jarang dipakai dan angin-anginkan di suhu ruangan. Kalau perlu, kamu bisa mengelapnya dengan losion khusus untuk meminimalisir jamur maupun bau.

7. Bersihkan sebelum disimpan

Sepatu yang digunakan seharian biasanya akan lembap karena kena kaki yang berkeringat. Padahal keringat bersifat asam dan dapat meninggalkan noda pada insole sepatu kulit. 

Untuk itu, baiknya keringkan dulu sepatu dengan memasukkan spons kering dan diamkan selama 30 sampai 60 menit agar keringatnya terserap. Bersihkan pula bagian luar sepatu kulit dari debu, baru kamu boleh menyimpannya.

BACA JUGA:2771 Formasi PPPK Penata Layanan Operasional 2024 untuk Jurusan D4/S1 Akuntansi

Tatalah sepatu serapi mungkin agar bentuk sepatu tak berubah dan pecah-pecah kulitnya. Jangan lupa beri jarak antara satu sepatu dengan sepatu lainnya.

Walau perawatannya terbilang rumit, nyatanya jenis sepatu ini dapat membuat penampilan lebih menarik. Apalagi bagi pekerja kantoran yang diharuskan menggunakan sepatu formal.

Daripada mesti bolak-balik beli sepatu baru, mending lakukan perawatan yang benar supaya awet tahunan sepatu kulitmu. 

Namun, beda halnya jika sepatu kulit kamu sudah terlanjur rusak atau mengelupas. Maka langkah yang bisa kamu ambil yaitu memperbaikinya.

BACA JUGA:8 Daftar Makanan Keseharian yang Sering Kita Makan Ini Ternyata Menyebabkan Kanker

Tips Memperbaiki Sepatu Kulit 

Jika retakan mulai muncul pada sepatu kulitmu, coba lakukan tips berikut ini, yang dilansir dari Do It Yourself:

1. Gunakan Sabun Pelana

Salah satu tips berguna yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki sepatu kulitmu adalah dengan mencucinya menggunakan sabun pelana terlebih dahulu. Sabun pelana dapat kamu beli di beberapa situs e-commerce.

Kategori :