Super Hemat! Ini 12 Kota Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Tertarik Tinggal di Sini?

Rabu 09-10-2024,19:35 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Klaten terkenal dengan wisata candi-candi yang megah dan terkenal, mulai dari Candi Lumbung, Candi Plaosan, dan lainnya.

Selain terkenal karena wisata candinya, kota Klaten juga dikenal dengan biaya hidupnya yang sangat terjangkau. Bahkan, di Klaten terdapat soto dengan harga Rp1000 saja.

Oleh karena biaya hidup yang murah, ditambah adanya wisata alam serta lingkungan yang masih asri membuat kota ini sering dijadikan pilihan tempat tinggal masa pensiun dan hidup slow living. Tak seperti di Kota Jakarta yang serba macet, jalanan di Klaten jauh lebih lenggang dan tidak macet.

BACA JUGA:4 Motor Matic Honda Terbaru 2024 Irit BBM, Cocok untuk Berkendara Jauh

3. Magelang

Kota dengan biaya hidup murah di Indonesia selanjutnya adalah Magelang. Biaya hidup di Magelang memang terbilang relatif murah. Rata-rata biaya kos per bulannya sekitar Rp350 ribu hingga Rp450 ribu tergantung lokasi. Selain itu, masih banyak tempat makan dengan harga ramah di kantong.

Selain biaya hidup yang murah, memilih tinggal di Magelang tentu sangat menyenangkan dengan banyaknya tempat wisata tekenal. Misalnya Candi Borobudur, Gunung Merbabu, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:4 Motor Matic Honda Terbaru 2024 Irit BBM, Cocok untuk Berkendara Jauh

4. Solo

Solo merupakan kota kecil di Jawa Tengah dengan biaya hidup rendah. Bahkan, kos-kosan di kota ini termasuk lebih murah dibanding yang ada di Jogja. Biaya hidup seperti makan, transportasi, hingga hiburan di Kota ini sangatlah terjangkau.

Dengan uang Rp1 juta hingga Rp1,5 juta kamu sudah bisa hidup nyaman selama satu bulan di kota ini.

Kamu bisa berburu kuliner murah dan lezat di area Pasar tradisional, seperti Pasar Gede atau Pasar Klewer. Meskipun berupa pasar tradisional, namun lokasinya sudah sangat bersih dan tertata rapi.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum Cara Mudah Menghindari Ganjil Genap di Google Maps Supaya Tidak Kena Tilang

5. Purwokerto

Sekilas, suasana Kota Purwokerto hampir mirip dengan Kota Yogyakarta, banyak cafe-cafe baru yang menjamur serta harga kebutuhan sehari-hari yang terjangkau. Harga sewa kos-kosan sebulan masih Rp 320 ribu saja.

Selain karena sewa kos yang murah, harga makanannya hanya sekitar Rp8 ribu hingga Rp12 ribu sekali makan.

Kategori :