Diperingati Setiap 22 Oktober, Ini Makna Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2024

Kamis 10-10-2024,11:20 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Diperingati setiap 22 Oktober, Ini makna tema dan logo hari Santri Nasional 2024.

Kementerian Agama (Kemenag) resmi meluncurkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 pada Rabu, 9 Oktober 2024, di Jiexpo Convention Center and Theater, Jakarta.

BACA JUGA:Dimulai Pertengahan Oktober, Ini Jadwal Lengkap Tes CPNS Kemenkumham 2024

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin peluncuran tersebut dengan tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan.”

Tema ini menggambarkan semangat juang santri yang terus berlanjut untuk meraih masa depan yang lebih sejahtera, penuh harapan, serta dipenuhi dengan nilai-nilai luhur yang selalu dijaga.

BACA JUGA:Kabar Gembira! 3 Bansos Ini Cair di Oktober 2024, Segera Login ke Cekbansos Kemensos

Makna Tema Hari Santri Nasional 2024

Tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan" memiliki arti yang mendalam bagi para santri dan masyarakat Indonesia.

Kata "menyambung juang" menekankan pentingnya melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh para santri terdahulu, yang ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan tersebut tidak hanya berkaitan dengan melawan penjajah, tetapi juga menjaga moral, etika, serta nilai-nilai keagamaan dan nasionalisme yang harus diwariskan dari generasi ke generasi.

BACA JUGA:Catat! Ini 2 Cara Cek Jadwal dan Waktu SKD CPNS 2024 Kemenkumham, Begini Tahapannya

Sementara itu, "merengkuh masa depan" menggambarkan semangat para santri untuk terus maju dan optimis dalam menghadapi tantangan zaman.

Masa depan yang diimpikan adalah masa depan yang sejahtera, di mana santri berperan aktif dalam membangun bangsa dan memberikan kontribusi positif di berbagai bidang, termasuk pendidikan, sosial, ekonomi, hingga teknologi.

Dengan mengusung semangat keberanian, ketekunan, dan solidaritas, santri diharapkan menjadi ujung tombak dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA:Perselisihan Camelia Neneng Vs Masinton Berujung Saling Lapor, Begini Kronologinya

Makna Logo Hari Santri Nasional 2024

Logo HSN 2024 didesain dengan berbagai elemen visual yang penuh makna. Salah satu elemen utama dalam logo adalah ilustrasi santri yang sedang berlari sambil mengangkat tangan. Ilustrasi ini menggambarkan semangat juang santri yang tidak pernah padam.

Kategori :