Diperingati Setiap 22 Oktober, Ini Makna Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2024

Kamis 10-10-2024,11:20 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Gerakan berlari melambangkan dinamika dan kemajuan, menunjukkan bahwa santri tidak hanya diam, tetapi terus bergerak maju untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Tangan yang terangkat juga mencerminkan harapan, optimisme, dan tekad kuat untuk menghadapi masa depan.

BACA JUGA:Kabar Gembira! 3 Bansos Ini Cair di Oktober 2024, Segera Login ke Cekbansos Kemensos

Selanjutnya, terdapat ilustrasi tali yang melilit pada logo. Tali ini melambangkan persatuan dan kekuatan yang terikat erat.

Simbol ini mencerminkan semangat kebersamaan dan kekompakan yang menjadi ciri khas santri. Mereka saling mendukung dalam perjuangan, meneruskan warisan nilai-nilai yang telah diajarkan oleh para pendahulu.

Tak ketinggalan, logo juga dihiasi dengan lingkaran berwarna merah. Lingkaran ini melambangkan pengorbanan dan keberanian para pahlawan yang berjuang tanpa pamrih untuk kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Batal Pindah Bulan Ini, ASN Dijadwalkan Pindah ke IKN Januari 2025, Ini Alasannya

Warna merah menyiratkan semangat kebersamaan dan semangat juang yang terus berputar, tanpa henti, dalam menjaga kemerdekaan serta memajukan bangsa.

Inisial "S" dan "I" pada logo mewakili singkatan dari "Santri Indonesia," yang menjadi pengakuan atas peran santri dalam sejarah dan pembangunan negeri.

Kombinasi Warna dalam Logo HSN 2024

Logo HSN 2024 juga mengusung tiga kombinasi warna utama, yaitu hijau pine, emas, dan merah. Warna hijau pine memiliki makna yang erat dengan keharmonisan, ketenangan, serta kedamaian.

Hijau juga melambangkan pertumbuhan dan kesuburan, mencerminkan peran santri dalam menjaga nilai-nilai keagamaan dan perdamaian di masyarakat.

BACA JUGA:Branch Manager BTN Bengkulu Ajak Warga Bengkulu Manfaatkan Program Kredit Agunan Rumah

Selain itu, hijau adalah warna spiritualitas, yang menjadi identitas santri sebagai pembawa misi moral dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Warna emas, di sisi lain, melambangkan kemuliaan, kejayaan, serta kesuksesan. Emas sering kali diasosiasikan dengan sesuatu yang bernilai tinggi dan dihargai.

Dalam konteks ini, emas menggambarkan masa depan yang cerah dan penuh prestasi yang ingin diraih melalui semangat juang santri.

Sementara itu, warna merah melambangkan keberanian, semangat, dan tekad yang kuat. Merah dalam logo ini mencerminkan semangat juang yang berkobar, kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan, serta keberanian dalam mempertahankan dan meneruskan perjuangan para pahlawan.

Kategori :