Berasa di Negeri Sakura, Ini Fakta Menarik Tentang Bunga Tabebuya yang Bermekaran di Surabaya

Sabtu 12-10-2024,14:34 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tabebuya bermekaran di Surabaya, bikin cantik kota bak di negeri sakura, ini sederet fakta soal si cantik tebeuya.
Memasuki pertengahan Oktober, jalan-jalan protokol di Surabaya dipenuhi oleh warna-warna cantik dari bunga Tabebuya yang bermekaran. 

Pohon-pohon hias yang ditanam oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini menambah keindahan kota, memberikan suasana yang memukau layaknya di negeri sakura, Jepang. 
Keindahan pohon Tabebuya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Pahlawan.

BACA JUGA:Terkenal Pembawa Rezeki, 8 Tanaman Ini Sebaiknya Ditanam di Dekat Rumah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Dedik Irianto, menyampaikan bahwa mekar bunga Tabebuya ini merupakan salah satu ikon keindahan kota yang bisa dinikmati masyarakat. 
Menurut Dedik, fenomena ini juga menjadi penanda bahwa musim penghujan akan segera tiba. Uniknya, tahun ini bunga Tabebuya mekar lebih cepat dibanding tahun sebelumnya, yang biasanya mulai bermekaran di bulan November. 
"Kalau Tabebuya sudah mekar, biasanya itu tanda kita sudah mendekati musim penghujan. Sebentar lagi kita akan masuk musim pancaroba," ujar Dedik, Jumat (11/10/2024).

BACA JUGA:7 Tanaman Ini Bisa Datangkan Rezeki ke Dalam Rumah, Sudah Disebut Dalam Al-Qur'an

Perencanaan dan Pengembangan Tabebuya di Surabaya

Keindahan Tabebuya di Surabaya tidak hanya menjadi pemandangan sesaat. Dedik mengungkapkan bahwa Pemkot berencana untuk memperluas lokasi penanaman Tabebuya ke beberapa area lain di kota ini. 
Salah satunya adalah di kawasan Jalan Raya Kedung Baruk, di mana pohon-pohon Tabebuya akan ditanam untuk menambah estetika kota. 
“Kami berencana untuk menambah lokasi penanaman, termasuk di jalan-jalan baru yang sedang dikembangkan,” tambah Dedik.

BACA JUGA:Kaya Mendadak, Tanam Tanaman Ini, Harga Minyaknya Rp 1,9 Juta per Kilogram

Hingga saat ini, Pemkot Surabaya telah menanam sebanyak 16.300 pohon Tabebuya dari lima spesies berbeda. Warna-warna bunga yang ditanam pun beragam, mulai dari ungu, merah, putih, merah muda, hingga kuning. 
Keberagaman warna ini menambah pesona visual saat bunga-bunga tersebut bermekaran di berbagai titik di seluruh kota.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tanaman Hidroponik Cepat Panen, Cocok untuk Pemula

Di antaranya, terdapat 162 pohon Tabebuya dengan bunga berwarna merah, 100 pohon dengan bunga ungu, 11.400 pohon dengan bunga berwarna putih dan merah muda, serta 4.650 pohon dengan bunga kuning. 
Pohon-pohon tersebut tersebar di beberapa jalan protokol utama, seperti Jalan I r. Soekarno (MERR), Jalan Kertajaya, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Praban, dan Jalan Tunjungan.

BACA JUGA:Dijelaskan Dalam Al Quran dan Hadist, Sebaiknya Tanaman Ini Ada di Halaman Rumah

Menikmati Momen Mekarnya Tabebuya

Kehadiran pohon Tabebuya yang tengah berbunga lebat ini menjadi momen yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengabadikannya. 
Banyak warga yang mengambil foto dan menikmati pemandangan jalanan Surabaya yang berubah menjadi lebih cerah dan indah. 

Kategori :