41 Juta Generasi Sandwich Tak Punya Rumah! Apa Itu Generasi Sandwich?

Sabtu 12-10-2024,18:42 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 41 juta generasi sandwich tak punya rumah! apa itu generasi sandwich? ini pengertiannya serta tips mengatasinya.

Pernahkah kamu mendengar istilah "generasi sandwich"? Jika kata "sandwich" sering kali merujuk pada makanan cepat saji dengan daging di antara dua potong roti, konsep "generasi sandwich" justru memiliki arti yang lebih dalam. 

BACA JUGA:Cara Dapat Uang Dari Kode Referral Lion Parcel, Program Berakhir 31 Desember 2024

Istilah ini menggambarkan situasi hidup yang dialami oleh sebagian besar orang dewasa di era modern, di mana mereka harus menopang dua generasi sekaligus: orang tua dan anak-anak mereka. 
Sebagai generasi yang “terhimpit” di antara dua tanggungan ini, mereka diibaratkan seperti isi sandwich yang berada di antara dua lapis roti.

BACA JUGA:Raup Cuan Sambil Rebahan, Begini Cara Dapat Uang dari Cash App, Buktikan Sendiri

Apa Itu Generasi Sandwich?

Istilah "generasi sandwich" pertama kali diperkenalkan oleh Dorothy A. Miller, seorang profesor sekaligus direktur praktikum di University of Kentucky, Lexington, Amerika Serikat pada tahun 1981. 

Generasi sandwich merujuk pada individu dewasa yang harus bertanggung jawab secara finansial, emosional, dan bahkan fisik untuk orang tua mereka yang sudah lanjut usia serta anak-anak mereka yang masih membutuhkan dukungan. 

BACA JUGA:Punya Hobi Ngegame? Nih 10 Daftar Game Penghasil Uang Tanpa Modal, Hasilkan Cuan Tambahan

Fenomena ini sering terjadi pada individu yang berada di usia produktif antara 30 hingga 50 tahun.

Generasi ini menghadapi tekanan yang cukup berat karena harus membagi perhatian, waktu, dan sumber daya untuk tiga generasi: orang tua (generasi atas), diri sendiri, dan anak-anak (generasi bawah). 

Situasi ini tidak hanya menyita waktu, tetapi juga menguras energi fisik dan finansial. Karena itu, generasi sandwich sering kali merasa kewalahan dan mengalami stres akibat beban tanggung jawab yang berat.

BACA JUGA:Syarat dan Cara Daftar GrabFood dari HP, Berpeluang Raup Cuan Setiap Hari

Tantangan Finansial Generasi Sandwich

Menurut data dari Pinhome dan YouGov, sekitar 41 juta orang di Indonesia tergolong dalam generasi sandwich. 
Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh generasi ini adalah kesulitan untuk memiliki rumah.
Tingginya harga properti ditambah dengan kebutuhan hidup yang besar membuat mereka kesulitan untuk mewujudkan impian memiliki hunian sendiri. 

Kategori :