Menilik Sejarah Kerajaan Wengker, Ini Sosok Bhre Wengker Sang Pemilik Tahta Istana Timur Majapahit

Minggu 13-10-2024,19:24 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Menilik sejarah Kerajaan Wengker, ini sosok Bhre Wengker pemilik tahta di Istana Timur Majapahit.

Belakangan ini jagat maya tengah heboh dengan penemuannya 5 kerangka manusia di tengah ekskavasi Situs Kumitir yang diyakini Istana Bhre Wengker atau Istana Timur Majapahit di Mojokerto.

BACA JUGA:Perkara Sepeda Anak Tetangga, Pria Ini Masuk Sel Polisi

Arkeolog Badan Pelestarian Kebudayaan (BPK) XI Jawa Timur bekerja sama dengan Tim Ahli Paleoantropologi Unair masih meneliti keterkaitan 5 kerangka yang dikubur dengan posisi telungkup itu dengan Istana Bhre Wengker.

Kerajaan Wengker adalah sebuah kerajaan kecil yang pernah berdiri di Ponorogo, Jawa Timur. Kerajaan Wengker didirikan oleh seorang pendatang dari Jawa Tengah bernama Ketut Wijaya pada abad ke-10.

Kerajaan ini memiliki wilayah yang berada di antara Gunung Wilis di batas timur, Gunung Lawu di batas barat, dan pegunungan Seribu di batas selatan.  

BACA JUGA:Aksi Rombongan Sound Horeg Kembali Bikin Geram, Warung Warga Dirusak agar Bisa Lewat

Lantas siapa sebenarnya sosok Bhre Wengker sang pemilik tahta di Istana Timur Majapahit?

Dilansir dari detik.com, Bhre Wengker memiliki nama asli Raden Kudamerta atau Wijayarajasa. Sosok Wijayarajasa atau Bhre Wengker memang tidak begitu tenar dalam panggung sejarah Majapahit.

Dalam Kitab Nagarakartagama, Raden Kudamerta atau Wijayarajasa disebut adalah sebagai pendiri kerajaan Wengker yang disebut-sebut berpusat di Ponorogo.

Setelah kematian Jayanagara, Raja Kedua Majapahit, Raden Kudamerta atau Bhre Wengker menikahi Dyah Wiyat, adik tiri Jayanegara yang bergelar Rajadewi Maharajasa Bhre Daha yang diberi tahta sebagai raja bawahan Majapahit di Kadiri.

BACA JUGA:Nasib Kakek Sebatang Kara yang Ditolak Jual TV ke Bank Keliling, Justru Diberi Rp 6 Juta untuk Berobat

Perlu diketahui, Dyah Wiyat atau Bhre Daha adalah adik kandung dari Dyah Gitarja atau Tribhuwana Tunggadewi, penguasa ketiga Kerajaan Majapahit setelah Jayanegara. 

Dyah Gitarja dan Dyah Wiyat adalah anak kandung Raden Wijaya dari Gayatri atau Rajapatni.

Karena telah menikahi sosok yang penting di Kerajaan Majapahit, selain menjadi raja Wengker Raden Kudamerta memiliki peran peran besar di Majapahit. 

Kategori :