Titik Lokasi Razia Kendaraan di Indramayu Pada Operasi Zebra Lodaya 2024, 9 Tips Jika Terjaring Razia

Selasa 15-10-2024,16:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini titik Lokasi Operasi Zebra Lodaya 2024 di Indramayu, ingat selalu siapkan surat berkendaraan.
Operasi Zebra Lodaya 2024 sudah dimulai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu lintas serta menekan angka pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya. 

BACA JUGA:Catat! Jam dan Titik Lokasi Operasi Zebra 2024 di Kabupaten Bekasi

Seperti di Indramayu, Operasi Zebra Lodaya 2024 di Indramayu ini dilaksanakan di berbagai titik strategis, termasuk simpang-simpang penting dan jalur padat kendaraan. 
Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo melalui Wakapolres Indramayu, Kompol Ryan Faisal, menyampaikan bahwa operasi ini digelar dengan sasaran utama mengurangi angka kecelakaan lalu lintas serta menekan fatalitas korban.

BACA JUGA:Masih Digelar, Ini Titik Lokasi Operasi Zebra 2024 di Kebumen, Berikut Target Pelanggaran

"Operasi Zebra Lodaya 2024 bertujuan meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Harapan kami adalah agar masyarakat semakin tertib demi mewujudkan keamanan dan kenyamanan berkendara," ujar dia didampingi Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Junata.

Dalam operasi ini, pihak kepolisian akan fokus menindak sejumlah pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi.
Mulai dari pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara yang tidak memakai helm SNI atau sabuk pengaman (Safety Belt).

BACA JUGA:Operasi Zebra 2024 di Garut Digelar 2 Minggu, Ini Titik Lokasi dan Target Pelanggaran

Kemudian pengemudi yang berkendara di bawah pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus lalu lintas, pengendara yang melebihi batas kecepatan, hingga pendaraan yang menggunakan knalpot bising atau tidak sesuai spesifikasi.

Tindakan yang diberikan bagi para pelanggar adalah penilangan, baik secara manual maupun melalui tilang elektronik (ETLE). 
Langkah ini diambil sebagai upaya menjaga keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya.
"Mari bersama-sama kita ciptakan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. Tertib berkendara bukan hanya untuk menghindari tilang, tapi demi keselamatan kita bersama," ujar dia.

BACA JUGA:Hati-hati Kena Tilang, Ini Titik Lokasi Operasi Zebra 2024 di Karawang

Sementara itu, untuk informasi tambahan, menghadapi polisi saat ditilang memang bisa menegangkan, tetapi dengan tetap tenang dan mengikuti prosedur yang benar, kamu bisa mengatasi situasi ini dengan baik. 

Ingatlah untuk selalu sopan, kooperatif, dan patuh terhadap hukum agar proses tilang berjalan lancar.
Polisi seringkali mengadakan razia kendaraan baik motor maupun mobil seperti saat ini sedang berlangsungnya Operasi Zebra Lodaya 2024.

BACA JUGA:Hati-hati, Operasi Zebra Candi 2024 di Banyumas Digelar di Titik Ini

9 Tips Terjaring Razia

1. Tetap Tenang dan Sopan

Ketika kamu dihentikan oleh polisi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang. Kepanikan hanya akan memperburuk situasi. 
Tarik napas dalam-dalam dan bersikaplah sopan terhadap petugas. Berikan salam dengan ramah dan tunjukkan sikap kooperatif.

BACA JUGA:6 Titik Lokasi Rawan Operasi Zebra 2024 di Cirebon, Ini Sasaran Pelangaran

2. Menepi dengan Aman

Kategori :