Manfaat Ampas Kopi Untuk Kesuburan Tanaman, Begini 6 Cara Menggunakannya

Rabu 16-10-2024,21:28 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

2. Pupuk Langsung

Selain dibuat kompos, ampas kopi juga bisa ditaburkan langsung ke tanah. Ini merupakan cara yang paling mudah dan praktis. Tambahkan ampas kopi langsung ke tanah di kebun. Kamu bisa mencampurnya dengan tanah atau menaburkannya di atas tanah dan membiarkannya.

Dalam jumlah yang lebih sedikit, terutama bila dicampur dengan bahan kering, ampas kopi akan melepaskan nitrogennya. Bubuk kopi bekas sebenarnya hampir netral dalam pH, jadi seharusnya tidak menimbulkan kekhawatiran tentang keasamannya.

3. Pupuk Cair

Selain ditaburkan langsung, kamu bisa menjadikan ampas kopi sebagai pupuk cair. Tambahkan 2 cangkir bubuk kopi bekas ke dalam ember berisi 5 galon air. Biarkan air ini terendam selama beberapa jam atau semalaman.

Ramuan ini bisa kamu gunakan sebagai pupuk cair untuk tanaman. Pupuk cair dari ampas kopi juga bisa digunakan untuk menutrisi daun. Gunakan semprotan pupuk cair ini untuk menyiram dan memberi makan daun tanaman.

Kamu juga bisa memanfaatkan sisa kopi untuk pupuk tanaman. Namun, membuat pupuk cair dari seduhan ampas bekas tidak sama dengan menggunakan sisa kopi untuk menyiram tanaman. Kopi sisa lebih asam dan memiliki senyawa lain di dalamnya yang dikeluarkan dari bubuk kopi.

BACA JUGA:Ini 10 Rekomendasi Air Mineral pH Tinggi, Lengkap dengan Harganya, Penting Harga atau Kesehatan?

4. Makanan Cacing

Cacing menyukai ampas kopi. Hanya saja, jangan menambahkan terlalu banyak sekaligus, karena keasamannya dapat mengganggu cacing. Cacing tidak bisa mengatasi keasaman yang berlebihan, jadi tahan godaan untuk menambahkan lebih banyak.

Kamu bisa menambahkan ampas kopi ke tanah yang berisi cacing setiap minggu atau lebih. Satu cangkir atau lebih bubuk per minggu untuk wadah cacing kecil adalah pilihan yang tepat.

Selain menggunakan ampas kopi di tempat cacing, cacing tanah yang ada di tanah juga akan lebih tertarik ke taman saat kamu mencampur ampas kopi dengan tanah sebagai pupuk.

5. Pengusir Hama

Bubuk kopi bersifat abrasif, jadi pembatas tanah yang ditempatkan di dekat tanaman rawan siput dapat membantu melindungi tanaman. Lapisan tipis bubuk kopi tidak hanya bermanfaat bagi tanah, pinggiran tajam dan abrasif serta keasaman alami kopi bergabung untuk menjadi penghalang siput yang baik.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kafein beracun bagi siput, menjadikannya pukulan ganda. Cukup taburkan ampas kopi ke tanaman. Menyemprotkan cairan ampas kopi ke daun juga bisa sangat membantu.

BACA JUGA:Ternyata, Ini 5 Manfaat Tuak Pahit untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Kategori :