Bahlil Lahadalia Lulus S3 Doktor hanya 1,5 Tahun, Begini Penjelasan dari UI

Kamis 17-10-2024,11:08 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Sementara itu, Direktur Sekolah Kajian Statejik dan Global (SKSG), Athor Subroto, yang juga menjadi Ko-Promotor dalam sidang doktor Bahlil, menjelaskan bahwa Bahlil telah menjalani kuliah selama dua tahun.

Athor juga memastikan proses pendidikan Bahlil ini sudah sesuai prosedur mengikuti program doktor di kampus berjaket kuning itu. Menurutnya, lulus program doktor dalam dua tahun sangat memungkinkan, tergantung kerajinan dan insentitas mahasiswa.

"Dua tahun, empat semester," ujarnya

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Tangerang, Ada 14 Target Pelanggaran

Adapun tak hanya itu, Athor juga menjelaskan jika program doktor di UI ada dua jalur, yakni jalur riset dan jalur course (kelas).

Mahasiswa yang mengikuti jalur riset memang terkesan tidak kuliah, lantaran mereka langsung mengikuti bimbingan. Meski begitu, jalur riset juga cukup berat dilakukan apabila mahasiswa tidak aktif dan disiplin.

"Jalur riset. Tapi itu berat sebenarnya. Kalau (jalur) kelas kan terpantau terus ya," ujarnya.

"Kalau dia disiplin, cepat. Tapi kalau enggak, molor-molor. Kita ingat," imbuhnya.

BACA JUGA:Masih Digelar, Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 Kabupaten Tegal

Menurut Athor, Bahlil merupakan mahasiswa yang sangat aktif dalam mengerjakan tugas meskipun memiliki kesibukan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ketika ada revisi, Bahlil segera memperbaikinya. Athor juga membantah tudingan bahwa UI memberikan perlakuan khusus kepada Bahlil karena jabatannya sebagai menteri.

"Enggak (bukan karena Bahlil menteri), kita sebenarnya memperlakukan semuanya sama kok. Enggak ada perbedaan apa-apa," tegasnya.

Sementara itu, terkait hebohnya kabar Bahlil Lahadalia yang menyelesaikan S3 hanya dalam waktu 1,5 tahun ini, membuat warganet mencari tahu bagaimana ketentuan untuk dapat mengemban gelar Doktor tersebut.

BACA JUGA:Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Kulon Progo, Ada Tilang Elektronik

Masa studi kuliah S3

Mengenai masa studi S3 berapa tahun, umumnya durasi kuliah ditempuh dalam waktu 3 tahun atau sebanyak 6 semester.

Akan tetapi, masa kuliah S3 ini dapat bervariasi, dalam kasus tertentu mahasiswa dapat menyelesaikan studi lebih lama tergantung faktor-faktor berikut:

Kategori :