Segera Cek! Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Purwokerto, Siap-siap Ditindak Jika Melanggar

Kamis 17-10-2024,12:18 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Segera cek! Ini titik lokasi operasi Zebra Oktober 2024 di Purwokerto, siap-siap ditindak jika melanggar.

Polresta Banyumas saat ini tengah melaksanakan Operasi Zebra Candi 2024 yang berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Kulon Progo, Ada Tilang Elektronik

Dalam rangkaian operasi ini, berbagai penindakan dilakukan terhadap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Selama dua hari pelaksanaan hingga Selasa (15/10/2024), tercatat sudah ada 113 kendaraan yang terjaring dalam operasi tersebut.

BACA JUGA:Operasi Zebra Candi Oktober 2024, Polresta Solo Gelar Razia di 10 Titik Lokasi

Kasubdit Kamsel Satlantas Polresta Banyumas, Iptu Octi Widiasih, S.H., menyampaikan bahwa pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pengendara roda dua.

Banyak pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan perlengkapan keselamatan dengan benar, terutama helm. Pelanggaran juga ditemukan pada penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan standar.
Dominasi Pelanggaran oleh Pengendara Roda Dua

“Mayoritas pelanggaran berasal dari pengendara roda dua, terutama terkait penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi. Banyak juga yang tidak memakai helm. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, ada pelanggaran terkait penggunaan sabuk pengaman (safety belt),” ujar Iptu Octi saat diwawancarai oleh RRI pada Selasa pagi.

BACA JUGA:Berapa Tahun Lulus S3? Ini Waktu Normal dan Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Gelar Doktor

Banyaknya pelanggaran yang terjaring menunjukkan bahwa kesadaran tertib berlalu lintas di Banyumas, khususnya bagi pengendara roda dua, masih perlu ditingkatkan.

Menurut Iptu Octi, pemakaian helm yang tepat dan penggunaan komponen kendaraan yang sesuai standar adalah dua hal yang masih sering diabaikan oleh pengendara sepeda motor.

Hal ini dapat berisiko besar pada keselamatan pengendara itu sendiri, dan menjadi perhatian serius selama Operasi Zebra Candi 2024 ini.

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Tangerang, Ada 14 Target Pelanggaran

Namun demikian, Iptu Octi juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah mematuhi peraturan lalu lintas.

Kategori :