Belum Banyak yang Tahu, Ini Alasan Kenapa Diberi Nama Operasi Zebra

Selasa 22-10-2024,08:48 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Menakjubkan, Ini 8 Perpustakaan Terindah di Dunia, Surganya Bagi Pecinta Buku

Jenis Operasi Lalu Lintas

Lalu, jenis jenis operasi lalu lintas apa saja yang dilaksanakan di Indonesia?

Berikut jenis operasi lalu lintas yang dilaksanakan di Indonesia, meliputi:

1. Operasi Zebra

Jenis jenis Operasi lalu lintas pertama yang dijalankan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia disebut Operasi Zebra, seperti yang sedang berlangsung diseluruh wilayah Indonesia saat ini

Tujuan utama dari Operasi Zebra adalah memastikan keamanan dan menciptakan situasi yang kondusif. Operasi ini secara rutin dilaksanakan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya.

Bagi para pengendara yang melanggar aturan, pihak berwenang dapat memberlakukan sanksi tilang sebagai tindakan penegakan hukum.

BACA JUGA:Tak Sembarangan, Begini Cara Mengolah Bunga Kecombrang untuk Dijadikan Obat

2. Operasi Lintas

Berikutnya ada juga jenis Operasi lalu lintas yang disebut sebagai Operasi Lintas. Tujuan utama dari operasi ini adalah untuk mengatur dan menegakkan aturan bagi pengguna kendaraan bermotor, termasuk verifikasi kelengkapan surat kendaraan dan penindakan terhadap parkir liar yang melibatkan kendaraan umum dan angkutan barang.

Tak hanya itu, Operasi Lintas ini juga akan melibatkan berbagai pihak, seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, serta personel dari TNI.

Pelaksanaan Operasi Lintas biasanya berlangsung selama periode dua minggu, dan para pelanggar akan segera diberikan tindakan tilang sebagai konsekuensi pelanggaran mereka.

BACA JUGA:Jadwal Resmi Pendaftaran PPPK 2024 Kemenag Dibuka 21 Oktober, Simak Jadwal Lengkapnya

3. Operasi Lilin

Operasi berikutnya yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia adalah Operasi Lilin. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang aman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kategori :