Waspada, Ini Modus Penipuan Terbaru 2024, Jangan Asal Buka Link

Sabtu 26-10-2024,17:08 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

5. Gunakan Password yang Kuat dan Berbeda untuk Setiap Akun

Buatlah password yang kuat dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun. Gunakan juga fitur otentikasi dua faktor (2FA) jika tersedia.

6. Perbarui Perangkat dan Aplikasi Secara Teratur

Pastikan perangkat lunak di komputer, smartphone, dan aplikasi yang kalian gunakan selalu diperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan patch keamanan terbaru dan melindungi dari potensi ancaman.

7. Gunakan Software Keamanan

Pasang dan perbarui software keamanan seperti antivirus dan anti-malware di perangkat kalian untuk melindungi dari ancaman online. Pastikan juga firewall aktif untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan.

8. Verifikasi Identitas Pengirim Uang

Jika kalian menerima permintaan transfer uang, pastikan untuk mengetahui dan memverifikasi identitas pengirimnya. Jangan mudah percaya jika ada seseorang yang mengaku sebagai teman atau kerabat dalam keadaan darurat tanpa melakukan verifikasi.

9. Laporkan Aktivitas Mencurigakan

Jika kalian mencurigai telah menjadi target penipuan atau menemukan aktivitas mencurigakan, segera laporkan kepada pihak berwenang seperti polisi atau pihak keamanan siber. Banyak negara memiliki lembaga yang khusus menangani kejahatan siber.

BACA JUGA:BRI Raih Penghargaan Human Capital 2024, Ini Daftar Lokasi ATM BRI di Palembang dan Programnya Bagi UMKM

Itulah deretan modus penipuan terbaru 2024, ingat untuk selalu waspada terhadap penggunaan media sosial dan selalu cek terlebih dahulu jika ada pesan masuk yang mencurigakan.

 

(Putri Nurhidayati)

Kategori :