Perusahaan Sritex Pailet, Prabowo Turun Tangan Tugaskan 4 Menteri Selamatkan Karyawan

Senin 28-10-2024,15:47 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Perusahaan Sritex pailet, Prabowo turun tangan tugaskan 4 menteri selamatkan karyawan.

Di tengah gejolak ekonomi global dan tantangan industri yang kian kompleks, berita mengenai kebangkrutan PT Sri Rejeki Isman Tbk, yang lebih dikenal dengan nama Sritex, mengguncang dunia tekstil Indonesia.

BACA JUGA:Cukup dari HP, BRI dan Pos Indonesia Luncurkan Fitur Kirim Barang di BRImo

Pengadilan Negeri Semarang baru saja memutuskan bahwa perusahaan tekstil raksasa ini dinyatakan pailit, yang menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran di kalangan ribuan karyawan dan mitra bisnisnya.

Menyikapi situasi ini, Presiden Prabowo Subianto mengambil langkah cepat dengan menginstruksikan empat kementerian untuk melakukan kajian mendalam tentang opsi dan skema penyelamatan perusahaan tersebut.

BACA JUGA:Cukup dari HP, BRI dan Pos Indonesia Luncurkan Fitur Kirim Barang di BRImo

Keempat kementerian yang terlibat adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementerian Tenaga Kerja.

Langkah ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjaga stabilitas industri dan melindungi lapangan kerja di tengah tantangan yang dihadapi.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mencari solusi yang dapat menyelamatkan Sritex dan karyawan-karyawannya dari ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK).

BACA JUGA:Asyik Mesum di Toilet Umum, Dua Remaja Digerebek Satpol PP

Dalam keterangan resminya, Agus mengatakan, "Opsi dan skema penyelamatan ini akan disampaikan dalam waktu secepatnya, setelah empat kementerian selesai merumuskan cara penyelamatan."

Penekanan pada perlindungan karyawan menjadi fokus utama, mengingat risiko sosial dan ekonomi yang besar jika PHK terjadi.

Karyawan Sritex, yang selama ini bergantung pada keberlangsungan perusahaan, berhak mendapatkan perhatian dan perlindungan dari pemerintah.

BACA JUGA:Keunggulan dan Syarat Pengajuan KPR BRI Selain Bunga Kompetitif, Miliki Rumah Impian Sekarang Juga

Latar Belakang dan Permasalahan Sritex

PT Sri Rejeki Isman Tbk adalah salah satu perusahaan tekstil terbesar di Indonesia, yang berkantor pusat di Sukoharjo, Jawa Tengah. Sritex memiliki reputasi yang kuat di industri tekstil domestik dan internasional, menghasilkan berbagai produk tekstil untuk kebutuhan pasar lokal maupun ekspor.

Kategori :