Duh! Elon Musk Sebut Amerika Serikat Terancam Bangkrut, Kok Bisa?

Senin 28-10-2024,19:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Jika utang terus tumbuh pada kecepatan ini, Musk memperingatkan, AS akan terjebak dalam lingkaran setan di mana "satu-satunya hal yang dapat kita bayar adalah bunga."

Aementara itu, untuk informasi tambahan, seperti diketahui jika Amerika Serikat sebelumnya sempat mempertahankan posisinya sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

BACA JUGA:Mantap! Bus DAMRI Rute Lampung-Jakarta Meluncur, Segini Tarifnya

Pertumbuhan Ekonomi AS

Dilansir dari Britannica.com, berikut adalah kekuatan utama yang menjadi dorongan pertumbuhan ekonomi AS dan menjadikannya pemain kunci di panggung ekonomi global seperti dilansir dari okezone.com:

1. Industri Manufaktur yang Kuat

AS memiliki industri manufaktur yang berkembang pesat, termasuk sektor otomotif, teknologi, pesawat terbang, dan produk-produk kesehatan. Produk-produk AS seringkali dikenal karena inovasi dan kualitasnya yang tinggi.

Produktivitas ekonomi yang tinggi terjadi di beragam sektor industri.

Industri transportasi, yang mencakup kendaraan bermotor, pesawat terbang, dan peralatan luar angkasa, merupakan salah satu sektor utama.

Perusahaan di bidang komputer dan telekomunikasi, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak, tetap memainkan peran penting, meskipun menghadapi tantangan pada awal abad ke-21.

Sektor lain yang signifikan meliputi manufaktur obat-obatan dan bioteknologi, layanan kesehatan, produksi makanan, industri kimia, peralatan listrik dan non-listrik, energi, serta sektor asuransi.

BACA JUGA:Pria Kumis Tebal Naik ke Panggung, Acara Senam dan Jalan Santai Ricuh Kampanye Bupati Ricuh

2. Layanan Keuangan dan Teknologi

AS memiliki sektor layanan keuangan dan teknologi yang sangat kuat. Wall Street di New York City adalah pusat keuangan global, dan perusahaan teknologi seperti Apple, Amazon, dan Google adalah pemimpin dunia dalam inovasi dan layanan digital.

Layanan keuangan juga tersedia melalui perusahaan asuransi dan pialang sekuritas.

Pemerintah federal mendukung lembaga kredit dalam sektor perumahan (hipotek rumah), pertanian (pinjaman pertanian), dan pendidikan tinggi (pinjaman mahasiswa).

Kategori :