Duh! Elon Musk Sebut Amerika Serikat Terancam Bangkrut, Kok Bisa?

Senin 28-10-2024,19:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Sosok Mahasiswa UMB yang Nekat Gantung Diri, Kepala Prodi Beberkan Nilai Akademik Almarhum

5. Energi yang Diversifikasi

AS merupakan salah satu pemain utama dalam industri energi global. Selama beberapa waktu, negara ini adalah konsumen energi terbesar di dunia, meskipun pada awal abad ke-21 posisinya digantikan Tiongkok.

AS tergantung pada impor energi dari negara lain, terutama dalam hal minyak bumi.

Keunggulan negara ini terletak pada efisiensi penggunaan sumber daya alamnya serta kemampuannya mengkonversi sumber daya tersebut menjadi produk yang dapat digunakan.

AS juga menjadi salah satu pengekspor batu bara terbesar di dunia. Cadangan batu bara yang dapat dieksploitasi secara ekonomis sebagian besar terdapat di Pegunungan Appalachia dan di wilayah Wyoming.

BACA JUGA:Pria Kumis Tebal Naik ke Panggung, Acara Senam dan Jalan Santai Ricuh Kampanye Bupati Ricuh

6. Layanan jasa Tebesar di Dunia

Perubahan yang terjadi menuju perekonomian berbasis jasa pada akhir abad ke-20 telah mengubah karakteristik serikat pekerja. 

Selama beberapa dekade terakhir, sektor jasa telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi, dan perkembangan baru-baru ini dalam sektor jasa terus memacu pertumbuhan ekonomi.

Organisasi yang awalnya berfokus pada sektor manufaktur kini lebih berorientasi pada industri jasa. Bersumber dari Brookings.edu, saat ini empat dari lima pekerja sektor swasta di AS bergerak di bidang jasa, melibatkan berbagai tugas.

Mulai dari memberikan perawatan di fasilitas kesehatan dan panti jompo, hingga memproduksi dan menyajikan makanan serta mengawal produk dari pelabuhan hingga ke rak-rak toko dan akhirnya ke tangan konsumen.

BACA JUGA:Dies Natalis ke XXIII, Stikes Tri Mandiri Sakti Wisudakan 296 Orang di Wisuda ke XXI

7. Infrastruktur dan Jaringan Transportasi yang Kuat

Polanya kehidupan ekonomi dan sosial di AS mencerminkan tingkat mobilitas yang sangat tinggi dalam negara ini.

Infrastruktur transportasi AS yang maju, termasuk jaringan jalan raya, pelabuhan, dan bandara, mendukung perdagangan domestik dan internasional yang lancar.

Kategori :