22 Contoh Soal PPPK Teknis Operator Layanan Operasional, Peluang Lolos Seleksi

Rabu 06-11-2024,10:21 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Jawaban: C. Interpersonal.

13. Beberapa minggu yang lalu atasan Anda memberitahu Anda bahwa dia mempunyai jadwal untuk menandatangani kontrak dengan beberapa orang klien baru dalam beberapa minggu ke depan untuk pengembangan perusahaan, namun tampaknya atasan Anda lupa akan hal tersebut karena terlalu sibuk mengurusi banyak hal terkait pekerjaan dan sering pergi ke luar kota.Sebagai seorang yang akan Anda lakukan adalah....

A. Mengingatkan atasan bahwa punya rencana untuk bertemu klien.
B. Membuat rencana pertemuan dan memberitahu atasan untuk disetujui.
C. Membuat rencana pertemuan dengan klien atasan dan memberitahukannya.
D. Memberitahu atasan bahwa dia harus bertemu klien untuk urusan bisnis dalam waktu dekat.
E. Menunggu atasan membicarakannya lagi, lalu baru melakukan persiapan pertemuan.

Jawaban: B. Membuat rencana pertemuan dan memberitahu atasan untuk disetujui.

14. Seorang Operator Layanan Operasional menemukan bahwa server jaringan berjalan sangat lambat. Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi penyebabnya?

A. Melakukan restart server.
B. Mengecek penggunaan CPU dan RAM server.
C. Menghubungi penyedia layanan internet.
D. Memperbarui perangkat lunak server.
E. Memeriksa kabel jaringan.

Jawaban: B. Mengecek penggunaan CPU dan RAM server.

BACA JUGA:Sungguh Tega! Guru Gunduli Rambut Siswi SDN Tanpa Izin Orang Tua Gegara Banyak Kutu, Korban Trauma

15. Sistem pemantauan mendeteksi anomali dalam data yang diolah. Langkah apa yang harus diambil untuk memastikan keakuratan data?

A. Mengabaikan anomali.
B. Mengganti perangkat keras.
C. Melakukan backup data.
D. Memverifikasi sumber data.
E. Menyetel ulang sistem pemantauan.

Jawaban: D. Memverifikasi sumber data.

16. Seorang Operator Layanan Operasional harus memastikan kelancaran operasi selama pemadaman listrik yang tidak terduga. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga operasi tetap berjalan?

A. Menggunakan generator cadangan.
B. Mematikan semua perangkat.
C. Meminta semua staf untuk berhenti bekerja.
D. Menghubungi penyedia listrik.
E. Menjalankan sistem pada mode hemat energi.

Jawaban: A. Menggunakan generator cadangan.

17. Sistem mengalami downtime yang tidak terduga selama jam kerja. Apa yang seharusnya dilakukan seorang Operator Layanan Operasional untuk meminimalkan dampak pada operasi?

A. Menghubungi tim teknis.
B. Menginformasikan kepada manajemen.
C. Mengalihkan layanan ke sistem cadangan.
D. Menunggu sistem kembali normal.
E. Menghubungi pelanggan.

Kategori :