BACA JUGA:Daftar Motor Listrik Termurah 2024, Punya Baterai Kapasitas Besar
Kelebihan XSR 155, Motor Sport Retro Terbaru Yamaha
Sementara itu, jika melihat sosok XSR 155 ini punya kesan retro yang kuat, namun bukan ke arah klasik jadul seperti pada Kawasaki W175. Jagoan Yamaha ini lebih menyasar tampang retro modern.
XSR 155 didesain cukup luwes dan modif-able, sehingga bisa diubah jadi scrambler atau cafe racer karena basis bodinya didukung headlamp bulat, setang lebar, serta bodi belakang minimalis.
Model jok Yamaha XSR juga menegaskan aura klasik dengan gaya tuck and roll dibungkus kulit warna hitam dan coklat.
Tak hanya itu, tampilannya juga terlihat sangat kekar berkat penggunaan suspensi depan model upside down yang dipadukan dengan roda yang gambot alias berukuran besar.
Nah, jika ingin melihatnya tampil beda, cukup ganti ban dengan profil ban tahu, maka XSR 155 jadi motor scrambler, dan bila stang diganti dengan posisi merunduk dan pasang cover buntut tawon langsung jadi motor cafe racer.
Namun, itu tadi hanya kelebihan Yamaha XSR soal desain yang bisa dikreasikan sesuai selera. Masih ada kelebihan lain dari motor sport klasik terbaru Yamaha ini yang juga terdapat pada sisi mesin hingga fitur.
BACA JUGA:Pizza Hut Rugi Besar, Tutup 20 Gerai dan PHK 371 Karyawan, Ini Biang Keroknya
Rancangan Rangka Ala Motor Besar
Secara basis, Yamaha XSR 155 menggunakan sasis deltabox, sama seperti yang digunakan pada motor Yamaha YZF-R15. Namun ada beberapa penyesuaian bagian rangka yang membuat motor ini tampil kekar ala motor besar.
Pada suspensi depan menggunakan model upside down yang membuat tampilan kaki-kakinya terkesan padat.
Lalu untuk suspensi belakang, dibuat lebih modern dengan penggunaan monoshock dengan swing arm terbuat dari material alumunium. Desain swing arem ini membuat bagian belakang seperti yang digunakan pada motor-motor besar.
Kemudian, untuk kondisi standar, Yamaha XSR 155 menggunakan ban tubeless dual purpose berukuran 110/70-17 di depan dan 140/70-17 untuk bagian belakang. Dengan demikian, motor ini telah dirancang untuk berkendara yang fleksibel dalam berbagai kondisi jalan.
BACA JUGA:Daftar Mobil Listrik dan Hybrid Terlaris Oktober 2024, Siapa Jawaranya?
Spesifikasi Mesin Paling Bertenaga
Selanjutnya, walau kapasitas mesinnya 'hanya' 155 cc, tapi tenaga yang dihasilkan dapur pacu milik Yamaha XSR jadi yang paling bertenaga di kelasnya.
Yamaha XSR155 juga dibekali dengan mesin satu silinder, 155cc, liquid cooled, SOHC 4 katup, dan sudah menggunakan teknologi VVA (Variable Valve Actuation).
Mesin dengan diameter piston 58 mm dan langkahnya 58,7 mm tersebut bisa memproduksi tenaga hingga 19,3 PS pada 10.000 rpm dan torsi maksimum hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Selain memiliki kompresi tinggi mencapai 11,6:1, fiturnya juga paling unggul di bagian mesin.
Ini karena XSR 155 sudah dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch untuk memperhalus proses perpindahan gigi transmisi 6-percepatannya. Saat turun gigi (downshift) juga terasa smooth perpindahannya, tidak menyentak.