Berapa Lama Nabi Isa akan Tinggal di Bumi Setelah Turun Sebagai Tanda Akhir Zaman?

Rabu 03-05-2023,12:29 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

 

Ada dua pendapat mengenai lama masa tinggal Nabi Isa AS di bumi. Menurut Kitab Ashratus Sa'ah karya Yusuf bin Abdullah bin Yusuf al-Wabil dan diterjemahkan oleh Atho'illah Umar, Nabi Isa AS akan tinggal di bumi selama 7 tahun, sedangkan dalam riwayat lain disebut selama 40 tahun.

 

Pendapat yang menyebut selama 7 tahun bersandar pada riwayat yang berasal dari Abdullah bin Umar yang termuat dalam Syarh al-Nawawi li Muslim, yang berbunyi,

 

BACA JUGA:Nanti di Akhir Zaman, Seperti Ini Kondisi Ka’bah, Membuat Hati Menangis

“Maka Allah mengutus Isa bin Maryam AS, kemudian beliau menetap di bumi bersama kaum muslimin selama 7 tahun. Selama ada beliau, tiada lagi permusuhan dan kebencian. Lalu Allah mengirim angin dingin dari negeri Syam, maka setiap manusia yang ada dalam hatinya ada iman walau seberat biji atom pasti mati terkena angin itu.” (HR Muslim)

 

Sementara itu, pendapat yang menyebut Nabi Isa AS akan tinggal di bumi selama 40 tahun bersandar pada hadits yang dikeluarkan Imam Ahmad dalam Musnad Ahmad dan Abu Dawud dalam Sunan Abu Daud Kitab al-Malahim bab Khuruj al-Dajjal.

 

“Maka Isa AS duduk tinggal di bumi selama 40 tahun. Kemudian beliau meninggal dan disembahyangkan oleh kaum muslimin.”

 

Kedua riwayat tersebut shahih. Namun, hadits tersebut musykil karena terdapat perbedaan atau pertentangan antara kedua hadits tersebut.

 

Dikutip dari islampos.com turunnya Nabi Isa AS di akhir zaman adalah masalah akidah yang telah tetap berdasar Al-Qur’an dan As-Sunnah Ash-Shahihah yang mencapai derajat mutawatir. 

 

Kategori :