Masyaallah, 11 Orang Ini akan Didoakan Malaikat, Urutan 9 Sering Kita Kerjakan

Kamis 11-05-2023,00:01 WIB
Reporter : Tim liputan

 

BACA JUGA:Astronom Saksikan Fenomena Bintang Menelan Planet, Apakah Bumi Berakhir Sama?

3. Berdiri di Shaf Pertama Ketika Sholat

 

Melaksanakan sholat jamaah di masjid merupakan amalan yang berpahala banyak. Setiap langkah menuju masjid untuk melakukan sholat berjamaah akan dihitung pahala dan diampuni dosa-dosanya. Sementara melakukan sholat berjamaah pahalanya 27 kali lipat lebih banyak daripada sholat sendirian.

Terlebih, ketika seseorang berada di shaf pertama ketika sholat berjamaah. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada di shaf pertama." (HR Ibnu Hibban).

Al-Mulla 'Ali al-Qari dalam kitab "Mirqatul Mafatih" menjelaskan sabda Rasulullah tersebut bahwa shalawat Allah maksudnya adalah turunnya kasih sayang Allah kepada hamba yang melaksanakan ibadah tersebut. Sementara itu, shalawat malaikat ialah doa agar pertolongan dan ampunan Allah senantiasa menyelimutinya.

 

BACA JUGA:Kerap Tuai Kontroversi, Ternyata Al Zaytun Salah Satu Ponpes Terbesar di Asia Tenggara, Ini Faktanya

A. Noer Che menyebutkan dalam bukunya Didoakan oleh 70 Ribu Malaikat, yang mendapatkan shalawat dari malaikat tidak hanya orang-orang di shaf pertama, tetapi juga shaf kedua. Namun, orang yang berada di shaf pertama tetap lebih utama. Hal tersebut dibuktikan bahwa Rasulullah sampai harus mengulang shalawat Allah SWT dan para malaikat-Nya kepada orang-orang yang berada di shaf pertama sebanyak dua kali.

 

4. Mendoakan Kebaikan Bagi Orang Lain

 

Merangkum buku berjudul 200 Amalan Ringan Berpahala Istimewa yang disusun oleh Abdillah F. Hasan, amalan mudah yang dapat dikerjakan dan akan kembali didoakan oleh malaikat adalah mendoakan kebaikan bagi orang lain, khususnya sesama saudara muslim.

Hal tersebut tercantum dalam hadits berikut,

Dari Ummu Darda RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata 'Amin' dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan." (HR Muslim).

Kategori :