Masyaallah, 11 Orang Ini akan Didoakan Malaikat, Urutan 9 Sering Kita Kerjakan

Kamis 11-05-2023,00:01 WIB
Reporter : Tim liputan

 

Dinukil dari buku Reuni Ahli Surga: Sejumlah Amalan Penting Penghuni Surga Saat di Dunia yang ditulis oleh Ahmad Abi Al-Musabbih, berwudhu sebelum tidur akan didoakan oleh malaikat agar diampuni segala dosanya.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap, 'Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci." (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar RA).

Adapun dari sisi kesehatan, dijelaskan bahwa percikkan dari air wudhu dapat membuat otot yang tegang setelah beraktivitas seharian menjadi lebih rileks. Hal ini juga dapat membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh, khususnya wajah. Wudhu yang dilakukan secara rutin sebelum tidur (termasuk untuk sholat Isya) dapat menjadi solusi terbaik untuk menjaga kesehatan.

 

11. Bersedekah di Jalan Allah

 

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfak.' Sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata, 'Ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)." (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits tersebut, Rasulullah mengabarkan bahwa setiap hari turun dua malaikat ke dunia untuk mendoakan manusia yang bersedekah dan tidak bersedekah. Malaikat yang satu mendoakan agar orang yang berinfak atau bersedekah segera diganti oleh Allah, sedangkan malaikat yang satunya lagi mendoakan agar manusia yang kikir, pelit, dan bakhil diberi kehancuran.

Mengutip buku Banjir Harta Dengan Sedekah, Dhuha, Hajat, Baca Al-Qur'an, dan Menyantuni Anak Yatim yang ditulis oleh K. H. Muhammad Habibillah, disebutkan bahwa Allah sangat menghargai amalan sedekah dan sangat tidak menyukai orang-orang yang menimbun hartanya. Sehingga Allah mengutus dua malaikat untuk mendoakan masing-masing orang yang bersedekah dan yang tidak bersedekah.

 

Itulah 11 macam-macam amalan yang dapat dikerjakan agar turut didoakan oleh malaikat. Doa malaikat yang mudah dikabulkan oleh Allah SWT pastinya akan datang bagi siapa saja yang mau beribadah, beriman, dan bersungguh-sungguh dan ikhlas beramal di jalan yang telah ditetapkan oleh-Nya.

 

(tim)

Kategori :