Lakukan Hal Ini agar Anda Terhindar dari Penyakit Diabetes, Semuanya Mudah Dilakukan

Senin 15-05-2023,11:48 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin dalam tubuh. Efeknya, risiko terkena diabetes akan semakin menurun. Oleh karena itu, mulailah mengurangi untuk mengonsumsi minuman manis seperti soda, sirup, dan minuman tinggi gula lainnya. 

 

Sebuah studi observasional yang dilakukan pada 2800 orang. Mereka yang lebih sering mengonsumsi minuman manis tinggi gula per hari memiliki risiko sebesar 20% menderita diabetes. Sebaliknya, mengonsumsi air putih dapat memberikan banyak manfaat.

 

BACA JUGA:Usia Jelang Pensiun, Berikut Pilihan Usaha yang Mudah Dijalankan Setelah Pensiun

Berhenti Merokok

Merokok telah terbukti menyebabkan atau berkontribusi pada masalah kesehatan yang serius, salah satunya adalah diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari satu juta orang dengan kebiasaan merokok. 

 

Ditemukan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes sebesar 44%. Sedangkan, pada mereka menghabiskan rokok lebih dari 20 batang dalam sehari memiliki risiko 61% menderita penyakit diabetes. 

 

Oleh karena itu, merokok sangat erat kaitannya dengan risiko menderita penyakit diabetes, terutama perokok berat. Dengan berhenti merokok, telah terbukti dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

 

Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Makan makanan yang tinggi serat sangat bermanfaat untuk kesehatan usus dan manajemen berat badan. 

 

Kategori :