Kisah Abu Nawas Diguyur Hujan Namun Tidak Basah

Senin 29-05-2023,10:44 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

 

Raja kembali dibuat penasaran. Kemarin diberi kuda lambat, pakaian Abu Nawas tidak basah. Hari ini diberi kuda yang berlari kencang, pakaian Abu Nawas kembali tidak basah.

 

Raja tidak kuasa lagi menahan rasa ingin tahunya. Akhirnya dia pun bertanya kepada Abu Nawas.

 

BACA JUGA:Pinjaman Khusus dan Mudah, Cukup Siapkan Syarat Ini Jika Mau Cairkan KUR BCA Rp300 Juta

“Abu Nawas kenapa pakaian kamu tidak basah. Padahal tadi hujan deras. Begitu juga kemarin, saat hujan deras pakaian kamu tidak basah. Sementara kuda yang kamu tunggangi kemarin adalah kuda yang malas berlari,” tanya raja.

 

“Mudah saja caranya yang mulia,” jawab Abu Nawas.

 

“Kemarin waktu saya menunggang kuda yang lambat, saat turun hujan saya melepas pakaian saya. Lalu saya duduki pakaian saya itu sampai hujan reda. Sedangkan hari ini, karena saya menunggangi kuda paduka, saya bisa memacu kudanya begitu cepat berlari, jadi saya sudah tiba di sini sebelum hujan turun,” jela Abu Nawas.

 

Mendengar jawaban Abu Nawas itu, raja pun menjadi jengkel sendiri. Dia tidak terpikir cara Abu Nawas menghindari pakaian basah saat menunggang kuda lambat. Sekali lagi raja terkena batunya, rencana semula ingin mempermalukan Abu Nawas malah raja sendiri yang menjadi malu.

 

Itu tadi cerita tentang kecerdikan Abu Nawas. Pesan yang tidak ambil, jangan pernah berniat buruk kepada seseorang, karena bisa jadi kita lah yang akan menjadi korban karena niat buruk itu.

 

Kategori :