7 Ciri Manusia Mau Meninggal Dunia Husnul Khotimah, Salah Satunya Dahinya Berkeringat

Kamis 01-06-2023,00:42 WIB
Reporter : Tim

 

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَبْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ ٣٠

 

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah," kemudian tetap (dalam pendiriannya), akan turun malaikat-malaikat kepada mereka (seraya berkata), "Janganlah kamu takut dan bersedih hati serta bergembiralah dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu" (QS Fushilat: 30).

 

2. Bertakwa Kepada Allah

 

Bertakwa kepada allah menjadi kunci keberhasilan seseorang agar meninggal dalam kondisi yang baik. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Ali Imran ayat 102:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ ١٠٢

 

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim" (QS Ali Imran: 102).

 

3. Berbaik Sangka Kepada Allah SWT

 

Ketika seseorang ditimpa musibah berupa sakit yang la yuja bur'uhu (yang tidak mungkin sembuh), maka yang harus ia lakukan yaitu berbaik sangka kepada Allah. Yakinlah bahwa rasa sakit yang dirasakan adalah bentuk kasih sayang Allah untuk melebur dosa-dosa umatnya. Apabila dalam hati masih terdapat keraguan pada Allah, maka kata Imam al-Ghazali rasa sakit tersebut akan membawa seseorang pada kematian yang suul khatimah.

Kategori :