Bolehkan Uang Kas Masjid untuk Biaya Mubaligh? Ini Penjelasan Habib Hasan

Senin 05-06-2023,14:55 WIB
Reporter : Tim liputan

 

Sebagai umat muslim, sudah sepantasnya berbagi kepada sesama manusia, terutama terhadap orang-orang yang tidak mampu. Kegiatan ini biasa disebut dengan sedekah. Sedekah adalah menyisakan sebagai harta sendiri untuk orang-orang yang membutuhkan.

Sedekah bisa dalam bentuk yang beragam, baik uang, barang-barang bekas yang masih bisa dipakai, maupun sembako. Sedekah juga bisa dilakukan di mana saja. Bisa bersedekah dengan cara memberikannya langsung kepada orang membutuhkan atau melalui pihak ketiga.

Sedekah juga bisa dilakukan kepada masjid-masjid di lingkungan sekitar tempat tinggal. Bahkan perintah untuk melakukan sedekah tentunya sudah tertulis dengan jelas dalam Al-Qur'an, yaitu pada surat An-Nisa ayat 114 yang dalam bahasa latin diartikan sebagai berikut:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”.

 

BACA JUGA:Menakutkan, NASA Gunakan Teknologi Ini untuk Prediksi Kiamat, Ini Gambarannya

Manfaat sedekah ke masjid tidak hanya dirasakan kepada penerima sedekah. Tanpa disadari, pemberi sedekah juga akan mendapatkan manfaat. Berikut adalah manfaat sedekah ke masjid:

 

1. Menanamkan Sikap Rendah Hati

 

Manfaat sedekah ke masjid yang kedua adalah mampu memunculkan sikap rendah hati. Menyisihkan sebagian harta untuk orang sama artinya memiliki keyakinan bahwa harta dunia hanyalah sementara dan hanyalah titipan dari Allah SWT semata.

 

2. Mengungkapkan Rasa Syukur

 

Manfaat sedekah ke masjid yang selanjutnya adalah sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah SWT. Allah SWT adalah Sang Maha Pengasih sehingga melimpahkan rezekinya kepada hambanya. Karena itu sebagai rasa syukur atas pemberianNya, bisa dengan sedekah ke masjid.

Kategori :