Bocoran Contoh Soal Tes PPPK Jabatan Pengadministrasi Kantor, Segera Pelajari
Seleksi PPPK --
7. Kegiatan menyatukan dokumen yang sejenis dan dibuat seperti buku dengan tujuan agar dokumen tersebut tidak mudah hilang merupakan kegiatan …
A. Pustaka
B. Kliping
C. Pembuatan buku
D. Binding/penjilidan
E. Pengarsipan
Jawaban: D
Binding atau penjilidan merupakan proses menyusun dan mengikat dokumen agar lebih rapi dan tidak tercecer.
8. Proses pengambilan keputusan dalam organisasi memerlukan langkah-langkah yang terstruktur dan strategis. Urutan mana yang paling sesuai untuk menjalankan proses ini secara efisien?
A. Menetapkan tujuan, menganalisis data, membuat keputusan, dan mengevaluasi hasil
B. Menganalisis data terlebih dahulu, lalu menetapkan tujuan dan mengembangkan strategi
C. Membuat keputusan awal, baru kemudian menganalisis konsekuensi
D. Melakukan diskusi internal, lalu langsung memutuskan tanpa analisis
E. Menunda proses hingga lebih banyak data tersedia
Jawaban: A
Langkah yang terstruktur membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik dan bertanggung jawab.
9. Seorang karyawan di bagian administrasi mengalami kesulitan menyelesaikan tugas karena kurangnya pengelolaan waktu yang efektif. Apa pendekatan terbaik untuk membantu karyawan ini meningkatkan produktivitas?
A. Memberikan bimbingan tentang manajemen waktu dan membantu menyusun jadwal yang efisien
B. Menambah beban kerja agar karyawan belajar bekerja lebih keras
C. Membiarkan karyawan berjuang sendiri tanpa intervensi
D. Mengalihkan tugas kepada rekan kerja tanpa analisis
E. Menunda tugas yang sulit sampai situasi membaik
Jawaban: A
Bimbingan manajemen waktu akan membantu karyawan mengatur prioritas dan menyelesaikan tugas tepat waktu.
10. Seorang Pengadministrasi Perkantoran mendeteksi adanya malware dalam sistem operasional. Apa langkah pertama yang harus dilakukan?
A. Menghapus file yang terinfeksi
B. Membuat laporan insiden
C. Mengabaikan dan menunggu perintah atasan
D. Mematikan seluruh sistem
E. Mengunduh antivirus baru tanpa izin
Jawaban: B
Langkah pertama adalah membuat laporan insiden kepada pihak terkait agar tindakan selanjutnya dapat diambil sesuai prosedur keamanan TI.
BACA JUGA:48 Ekor Kerbau Kena Penyakit Ngorok, Dinas Pertanian Mukomuko Utus 6 Petugas Dokter Hewan Turun Tangan
Dengan memahami soal di atas dan logika jawabannya, Anda dapat lebih siap menghadapi seleksi PPPK jabatan Pengadministrasi Kantor.
Selain itu, penting juga untuk terus mengasah kemampuan teknis, pemahaman manajemen perkantoran, dan kemampuan berpikir strategis agar dapat bersaing secara optimal.
BACA JUGA:Pengangguran Meningkat, 36.992 Orang dari 1,5 Juta Warga Bengkulu Usia Kerja, Menganggur
Tianzi Agustin
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


