Iklan dempo dalam berita

Sunan Kalijaga, Menjadi Dalang dengan Meminta Bayaran Dua Kalimat Syahadat

Sunan Kalijaga, Menjadi Dalang dengan Meminta Bayaran Dua Kalimat Syahadat

Kisah sunan kalijaga--

 

Sunan Kalijaga disebutkan memiliki beberapa istri, antara lain Dewi Saroh, Syarifah atau Siti Zaenab, dan Ratu Katno Kediri. Dewi Saroh adalah putri Maulana Ishaq, sedangkan Ratu Kano merupakan putri dari Kerajaan Kediri. 

 

Mengenai Siti Zaenab yang dinikahi Sunan Kalijaga, ada beberapa versi terkait sosok ini. Mohd. Faizal Harun melalui buku berjudul Tasawuf dan Tarekat: Sejarah Perkembangan dan Alirannya di Malaysia (2015), misalnya, menyebutkan bahwa Siti Zaenab adalah adik dari Sunan Gunung Jati. 

 

BACA JUGA:Kisah Abu Nawas Berikan Hadiah Itik Panggang Berkaki Satu untuk Raja

Sedangkan dalam Biografi Sunan Gunung Djati: Sang Penata Agama di Tanah Sunda (2020) yang disusun oleh Wawan Hernawan dan Ading Kusdiana, pada bagian catatan kaki dituliskan keterangan bahwa Siti Zaenab adalah seseorang yang masih mempunyai ikatan persaudaraan dengan Syarif Hidayat (Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati). 

 

Di buku yang sama dengan bersumber dari Babad Cirebon mengutip Purwaka Caruban Nagari, diungkapkan versi yang berbeda lagi, yakni Sunan Kalijaga menikah dengan Ratu Winahon, yang disebutkan sebagai putri Sunan Gunung Jati, meskipun pada akhirnya bercerai. 

 

BACA JUGA:Karena Topi Ajaib Abu Nawas, Raja Terpaksa Harus Menipu

Masih ada versi lainnya terkait identitas Syarifah Zaenab yang menjadi salah satu istri Sunan Kalijaga. F. Taufiq El Jauquene dalam buku Demak Bintoro: Kerajaan Islam Pertama di Jawa dari Kejayaan hingga Keruntuhan (2020) dan beberapa referensi lainnya menuliskan bahwa Syarifah Zaenab adalah putri dari Syekh Siti Jenar. 

 

BACA JUGA:Abu Nawas Jualan Sandal, Cerdik Namun Menipu, Pesannya Pahami Perkataan Orang Lain

Sunan Kalijaga memiliki beberapa anak, di antaranya adalah Watiswara atau Sunan Penggung dan Sunan Muria. Kedua anaknya itu melanjutkan dakwah yang dirintis Sunan Kalijaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: