Iklan RBTV Dalam Berita

Bisa Menghidupkan Makhluk yang Sudah Mati, Ini 7 Wali Allah Bisa Melakukannya

Bisa Menghidupkan Makhluk yang Sudah Mati, Ini 7 Wali Allah Bisa Melakukannya

Ilustrasi Sunan Ampel--

Raden Rahmat datang ke Jawa bersama saudara tuanya Ali Musada atau Ali Murtadha, dan saudara sepupunya Raden Burereh (Abu Hurairah). Sebelum menetap di Tuban, dia ke Palembang. 

Lalu ke Majapahit, dan akhirnya Gresik. Atas perintah Prabu Brawijaya, Raden Rahmat diangkat menjadi imam masjid oleh Adipati Surabaya Arya Lembusura, dengan gelar sunan dan kedudukan wali di Ngampeldenta. Sejak itu, Raden Rahmat lebih dikenal Sunan Ampel.

Kisah tentang Sunan Ampel ini begitu melegenda. Dia bahkan disebut memiliki karomah menghidupkan orang mati. Kita akan membahas sosok yang kisahnya telah abadi, menjadi cerita rakyat di Surabaya. 

Di Gresik juga Sunan Ampel akhirnya menikah dengan seorang wanita bernama Nyai Ageng Manila, puteri Arya Teja dari Tuban yang juga cucu Arya Lembusura. 

Saat Arya Lembusura mangkat, Raden Rahmat menggantikan posisinya. Setelah itu, Raden Rahmat tidak hanya dikenal sebagai Sunan Ampel, tetapi juga bupati pertama di Surabaya. 

Kemudian, Sunan Ampel mendirikan pondok pesantren. Pondok ini, banyak menghasilkan santri terkenal, antara lain Wirorojo, Abuhurairah, Kiai Bangkuning, dan Joko Samudra alias Raden Paku, putera angkat Nyi Gede Pinattih.

Tidak hanya itu, Sunan Ampel juga dikenal sebagai arsitek berdirinya Kerajaan Islam pertama di Jawa yang beribu kota, di Bintoro Demak, dan mengangkat Raden Patah sebagai Sultan Demak, lalu mendirikan masjid Demak.

Dari perkawinannya dengan Nyai Ageng Manila, Raden Rahmat memiliki sejumlah anak. Dua orang diantaranya menjadi penerus, melakukan dakwah Islam mengikuti jejaknya. 

Keduanya adalah Sunan Bonang dan Sunan Drajad. Sunan Ampel dikenal karena karomahnya yang bisa menghidupkan orang mati. Bahkan, hingga sembilan kali. 

Orang itu adalah santrinya sendiri, yakni Mbah Soleh, yang bertugas menjadi marbot di masjid Ampel. Sunan Ampel sangat suka dengan pekerjaan santrinya itu dalam membersihkan masjid, menjadi sangat rapi dan bersih. 

Tetapi suatu ketika Mbah Soleh meninggal. Santri lain lantas menggantikannya menjadi marbot masjid.

Tetapi, tidak ada yang bisa membersihkan masjid seperti yang dilakukan oleh Mbah Soleh. Masjid tetap terlihat kotor. 

BACA JUGA:Status Kewalian Wali Allah Dirahasiakan, Ini Alasannya

Seketika, teringatlah Sunan Ampel dengan santrinya itu. Dia lalu berkata, "Seandainya ada Mbah Soleh, pastilah masjid ini bersih." 

Tiba-tiba, Mbah Soleh hidup lagi dan langsung membersihkan masjid hingga menjadi bersih kembali. Tetapi beberapa bulan kemudian, Mbah Soleh meninggal kembali dan masjid kembali menjadi kotor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: