Iklan dempo dalam berita

Mengenal Lebih Jauh Legenda Serunting Sakti, Si Pahit Lidah Bersenjatakan Sumpah dan Kutukan

Mengenal Lebih Jauh Legenda Serunting Sakti, Si Pahit Lidah Bersenjatakan Sumpah dan Kutukan

Mengenal Lebih Jauh Legenda Serunting Sakti, Si Pahit Lidah Bersenjatakan Sumpah dan Kutukan--

 

Legenda Si Pahit Lidah ini, begitu populer di masyarakat hingga dongeng itu diwariskan secara turun-temurun. Bahkan, cerita tentang Si Pahit Lidah telah banyak dibukukan, dan dipublikasikan secara online.

 

Cerita tutur tentang Si Pahit Lidah, berkembang tidak hanya pada kelompok masyarakat yang meyakini keberadaan Si Pahit Lidah. Cerita rakyat itu, terus berkembang dan meluas ke seluruh dunia.

 

BPCB Jambi menyebut, ada dua versi tentang cerita rakyat Si Pahit Lidah. Yakni saat Si Pahit Lidah hidup bersama istrinya, dan adik iparnya, Aria Tebing. Si Pahit Lidah yang bernama asli Serunting Sakti, berselisih dengan Aria Tebing, hingga mengakibatlan Serunting Sakti mengasingkan diri.

 

BACA JUGA:7 Tanda Orang Miliki Titisan Sakti Leluhur Menurut Primbon Jawa

 

Setelah mengasingkan diri dan memiliki kesaktian, Serunting Sakti akhirnya kembali ke tengah masyarakat. Akibat kesaktiannya, setiap sumpah yang diucapkan Serunting Sakti, maka akan menjadi kenyataan. Di mana orang, hewan, atau benda apapun yang disumpahi, akan menjadi batu.

 

Namun tidak jarang kesaktian Serunting Sakti, juga membuat bahagian banyak orang. Dia bisa menolong sepasang suami istri yang tidak memiliki keturunan, hingga akhirnya memiliki keturunan hanya dengan sehelai rambut pasangan suami istri tersebut. Dia juga mampu merubah lahan tandus, menjadi hutan belantara.

 

Dalam kisah lain, Si Pahit Lidah harus menghadapi pertempuran dengan lawan yang sangat sakti, yakni Si Mata Empat. Dalam adu kesaktian itu, Si Pahit Lidah akhirnya tewas akibat kelicikan Si Mata Empat. Namun, nyawa Si Mata Empat akhirnya juga melayang akibat terkena racun dari lidah Si Pahit Lidah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: