Iklan dempo dalam berita

Kisah Nama Surabaya dan Banyuwangi, Mulai dari Perebutan Kekuasaan hingga Tuduhan Perselingkuhan

Kisah Nama Surabaya dan Banyuwangi, Mulai dari Perebutan Kekuasaan hingga Tuduhan Perselingkuhan

Kota Surabaya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Konon katanya, nama Surabaya berasal dari kata Sura atau ikan hiu sementara Baya yang berarti Buaya. Semua bermula saat Ikan Hiu Sura dan Buaya Baya yang berada di lautan kerap kali bertengkar. Pemicu utama pertengkaran mereka karena berebut mangsa.

 

Keduanya memang sama sama kuat, cerdas, ganas juga sama sama rakus. Keduanya terus saja bertengkar tanpa pernah ada yang menang ataupun kalah. Hingga akhirnya Sura dan Baya membuat kesepakatan. 

 

Sura yang mengusulkan tentu lebih dahulu memiliki taktik yang menguntungkan dirinya. Ia mengatakan untuk membagi dua wilayah kekuasaan.

 

BACA JUGA:Kisah Danau Kembar Sumatera Barat; Pertarungan Penebang Pohon dan Genangan Darah Naga

Untuk area laut dikuasai oleh Sura, sementara Baya berada di darat. Keduanya harus mencari mangsa di daerah kekuasaannya saja. Setelah mereka sepakat, kini tidak ada laki pertengkaran. 

 

Sampai akhirnya Sura dengan diam-diam menuju daerah Sungai untuk mencari mangsa. Baya yang mengetahuinya tentu marah besar karena sungai daerah kekuasaannya.

 

Dalam cerita rakyat dari Jawa Timur ini, dua hewan ganas ini terus berdebat tidak mau kalah. Sampai akhirnya saling menyerang, menggigit dan memukul masing-masing dan membuat area sungai pada saat itu berubah menjadi merah. 

 

BACA JUGA:Ketika Kiamat, Empat Mahluk Ini yang Terakhir Dicabut Nyawanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: