Iklan dempo dalam berita

Disebut Tanah Suci, Ini Ternyata Keutamaan Kota Makkah dan Madinah, Masyaallah

Disebut Tanah Suci, Ini Ternyata Keutamaan Kota Makkah dan Madinah, Masyaallah

Keutamaan kota makkah dan madinah--

Madinah merupakan Kota Suci kedua bagi umat Islam setelah Makkah. Jika Makkah disebut sebagai kota suci karena terdapat Masjidil Haram, yang mana Kakbah

merupakan simbolnya, maka Madinah juga disebut sebagai kota suci karena terdapat Masjid Nabawi, yang merupakan pusat kekuasaan Islam.

Pada masa pra-Islam, Madinah dikenal dengan nama Yatsrib. Kota ini menjadi tempat bertemunya keragaman penganut agama-agama, khususnya Yahudi dan Islam.

Berikut keutamaan Kota Madinah:

 

1. Anas r.a. mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

"Madinah itu haram (tanah suci) dari ini sampai ini, tidak boleh dipotong (ditebang) pohonnya, dan tidak boleh dilakukan bid'ah di dalamnya. Barangsiapa yang membuat bid'ah (atau melindungi orang yang berbuat bid'ah) di dalamnya, maka ia terkena laknat Allah SWT, malaikat, dan manusia seluruhnya."

 

BACA JUGA:Nenek Moyang Orang Minang Benarkah dari Gunung Merapi? Ini Penjelasannya

2. Abu Hurairah ra. berkata, "Seandainya saya melihat biawak memakan rumput di Madinah, niscaya saya tidak akan menghardiknya." Rasulullah SAW bersabda, "Apa yang ada di antara dua batu hitam (tanda pembatas) Madinah itu diharamkan lewat lisanku." (Dalam satu riwayat: "Apa yang ada di antara dua batu hitam Madinah adalah haram.") Abu Hurairah berkata, "Nabi mendatangi bani Haritsah, lalu beliau bersabda, "Saya kira kalian wahai bani Haritsah, telah keluar dari Tanah Haram." Kemudian beliau berpaling dan bersabda, "Namun, kalian masih ada di Tanah Haram."

 

Itulah beberapa keutamaan kota Makkah dan Madinah yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadits. Dua kota ini merupakan tempat suci yang menjadi tujuan ibadah haji bagi seluruh umat muslim di dunia. Semoga bermanfaat.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: