Iklan dempo dalam berita

Lahan Pertanian Padi di Rejang Lebong Terus Berkurang

Lahan Pertanian Padi di Rejang Lebong Terus Berkurang

lahan pertanian di rejang lebong terus berkurang--

REJANG LEBONG, RBTVCAMKOHA.COM - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong terus berupaya mempertahankan lahan pertanian berkelanjutan agar tidak beralih fungsi. 

 

Berdasarkan Citra Satelit yang dilakukan kantor ATR/BPN Rejang Lebong pada 2022 lalu tersisa 4.000 hektare dari sebelumnya 9.000 hektare.

 

Menurut Kepala Distankan Rejang Lebong, Zulkarnain, saat ini pihaknya telah mengajukan penyusunan perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) ke DPRD Rejang Lebong. Karena areal persawahan terus menyusut akibat alih fungsi lahan pertanian sawah menjadi perkebunan.

 

BACA JUGA:Manjakan Pelanggan, PLN Targetkan 1,2 Juta Pelanggan Smart Meter AMI Akhir 2023

“Kalau dari sisi kami Dinas Pertanian dan Perikan lebih ke kelompok-kelompok  tani, kalau menyangkut masalah hasil itu sudah tupoksinya kawan-kawan di Dinas Perindustri dan Perdagangan,” ujar Zulkarnain.

 

Berkurangnya lahan pertanian sawah ini akibat adanya permasalahan irigasi dan perlu perbaikan irigasi oleh dinas terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum Rejang Lebong maupun Pemprov Bengkulu.

 

BACA JUGA:Ini Kelebihan Seorang Perempuan yang Bekerja Membantu Ekonomi Keluarga

Sebagai informasi, pada Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan mengamanatkan kepada pemerintah dan pemerintah daerah untuk menetapkan lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B) dengan tujuan tersediannya tanah pertanian yang cukup untuk menjamin kecukupan, kemandirian dan kedaulatan pangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: