Iklan dempo dalam berita

Kisah Joko Tingkir, Penguasa Pajang yang Taklukkan 40 Buaya dan Kerbau Gila

Kisah Joko Tingkir, Penguasa Pajang yang Taklukkan 40 Buaya dan Kerbau Gila

Kisah ki joko tingkir--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM -  Mas Karebet atau lebih dikenal sebagai Joko Tingkir merupakan sosok yang tidak lagi asing bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah.

 

Melansir Babad Tanah Jawi karya JJ Meinsma, dirinya merupakan raja pertama Kesultanan Pajang sejak tahun 1549-1582. Joko Tingkir juga dikenal sebagai pria yang memiliki kemampuan sakti mandraguna.

BACA JUGA:Kisah Karomah Ki Ageng Selo yang Bisa Menangkap Petir

 

Joko Tingkir sudah harus menghadapi kehidupan yang cukup keras sejak kecil. Dirinya harus kehilangan sang ayah, Ki Ageng Pengging yang dihukum mati oleh Sunan Kudus, karena dituduh membelot oleh Kerajaan Demak.

 

Mengutip buku Awal Kebangkitan Mataram: Masa Pemerintahan Senapati karya De Great, ibunya juga meninggal karena sakit. Setelah kematian sang ibu, Joko Tingkir diangkat menjadi anak dari Nyai Ageng Tingkir.

BACA JUGA:Herlian Muchrim Jabat Plt. Bupati Kaur

 

Semenjak itu, Joko Tingkir rajin bersemedi maupun mempelajari ilmu bela diri. Dirinya dilatih oleh sejumlah tokoh terkemuka seperti Sunan Kalijaga, Ki Ageng Sela, dan Ki Ageng Banyu Biru.

 

Kesaktian Joko Tingkir sudah terasah sejak belia. Terdapat beberapa kisah mengenai Joko Tingkir di mana dirinya sanggup menunjukan kemampuannya melawan musuh kuat.

BACA JUGA:Kisah Abu Nawas, Inisiatif Berlebihan Bisa Membawa Celaka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: