Iklan dempo dalam berita

Doa yang Mustajab, Karomah Istimewa Hujr Bin 'Adi Sahabat Nabi SAW

Doa yang Mustajab, Karomah Istimewa Hujr Bin 'Adi Sahabat Nabi SAW

Doa yang Mustajab, Karomah Istimewa Hujr Bin 'Adi Sahabat Nabi SAW --

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Karomah adalah anugerah dari Allah, yang secara bahasa berarti kehormatan atau kemuliaan. Karamah juga sering diartikan sebagai kejadian luar biasa di luar logika dan kemampuan manusia biasa.

 

Salah satu yang mendapat karomah yaitu sahabat Rasulullah SAW Hujr bin ‘Adi bin Jabalah Kindi. 

 

BACA JUGA:Karomah Sahabat Nabi yang Bisa Berkuda di Atas Laut

 

Hujr bin ‘Adi bin Jabalah Kindi adalah seorang sahabat Nabi saw dan termasuk salah satu sahabat setia Imam Ali as yang juga tergolong pemuka tokoh Kufah. Ia memiliki peran luar biasa dalam berbagai peperangan, seperti Perang Jamal, Shiffin, dan Nahrawan. Ia akhirnya gugur sebagai syahid di tangan Muawiyah lantaran membela dan memperjuangkan wilayah kepemimpinan Imam Ali as.

 

BACA JUGA:Karomah Mbah Wahab Hasbullah, Begal Lumpuh Hanya dengan Satu Tepukan

 

Menurut riwayat Masudi, Hujr bin ‘Adi termasuk Muslim pertama yang, di masa pengembangan dan perluasan Islam, memasuki perbatasan ‘Azra’ dan menaklukkan daerah tersebut. Hujr juga menjadi muslim pertama yang syahid karena dibunuh orang suruhan Muawiyah.

 

Hujr bin ‘Adi dan saudaranya, Hani, memeluk Islam di masa Rasulullah saw. Ia termasuk sahabat Nabi Islam saw yang memiliki kedudukan yang terkenal zuhud, bertakwa, dan rajin beribadah. Menurut sejarawan dan hadis, ia dijuluki dengan Hujr al-Khair. Hujr bin ‘Adi diyakini sebagai sosok yang terpercaya, sangat rajin beribadah, dan hanya meriwayatkan hadis dari Imam Ali as. [Ibnu Asad, jil. 6, hal. 220]

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: