Iklan dempo dalam berita

Begini Seharusnya Pejabat, Abu Nawas Ajak Raja Menyamar Jadi Orang Miskin

Begini Seharusnya Pejabat, Abu Nawas Ajak Raja Menyamar Jadi Orang Miskin

kisah abu nawas ajak raja menyamar jadi orang miskin--

"Memangnya masalah apa yang sedang Paduka hadapi? Kiranya apa yang bisa hamba bantu?" tanya Abu Nawas kembali. 

  

"Tadi pagi aku mendapat laporan Abu Nawas ada saudagar kaya yang kikir, jangankan untuk bersedekah, membayar zakat saja dia menolak," kata Baginda Raja menjelaskan. 

 

"Paduka ini kan seorang raja, panggil saja dia ke istana dan suruh membayar zakat. Kalau dia menolak, masukkan saja ke penjara, pasti dia akan ketakutan," ucap Abu Nawas menyarankan.

 

"Sebenarnya bisa saja aku berbuat demikian, tapi apakah ada cara yang lebih baik dan lebih bijak supaya dia bisa sadar tanpa harus ada paksaan. Aku yakin dia sebenarnya orang baik karena sebelum menjadi saudagar kaya, dia rajin sedekah dan membayar zakat tepat pada waktunya," ujar Baginda Raja.

BACA JUGA:Akibat Boros, 6 Shio Ini Masih Bergelut dengan Utang Menumpuk

 

"Baiklah Paduka, sebenarnya ini masalah mudah Paduka, tapi karena Paduka menginginkan cara yang bijak maka hamba butuh waktu 3 hari untuk memikirkannya," kata Abu Nawas.

 

Kemudian Abu Nawas mohon diri untuk pulang ke rumah. Setibanya di rumah, dia terus berpikir mencari jalan keluar yang tepat, padahal Abu Nawas sendiri menginginkan agar saudagar kaya itu dipenjara saja.

 

Saudagar itu memang terkenal sangat pelit, bahkan para tetangga pun banyak yang membencinya. Tapi karena keinginan Abu Nawas tidak sejalan dengan pemikiran Baginda Raja, mau tidak mau harus menemukan cara lain yang sesuai perintah Baginda Raja.  

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: