Iklan dempo dalam berita

Ada di Indonesia, Tradisi Pria dan Wanita Berpelukan Massal Terkadang Sampai Berciuman

Ada di Indonesia, Tradisi Pria dan Wanita Berpelukan Massal Terkadang Sampai Berciuman

Tradisi Omed-omedan di Bali--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Indonesia memiliki banyak tradisi yang sangat menarik dan unik. Tradisi ini digelar pada waktu tertentu dan dengan sejarahnya masing-masing.

 

Salah satu tradisi unik di Indonesia yakni Omed-omedan yang digelar di Bali. Tradisi ini selalu diadakan setiap tahun oleh pemuda-pemudi di Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar Selatan, Bali.

 

Omed-omedan dalam bahasa Indonesia berarti tarik menarik. Acara ini biasa diadakan setelah Hari Raya Nyepi, yakni pada hari ngembak geni untuk menyambut Tahun Baru Saka. 

 

Perayaan ini berupa festival, dan biasa diikuti oleh pemuda-pemudi yang berumur 17-30 tahun yang tentunya belum menikah. Walau sering disebut sebagai festival ciuman massal, omed-omedan sebenarnya punya makna mendalam.

BACA JUGA:Rezeki Mengalir Deras Mulai Juli 2023, Pemilik Shio dan Tanggal Lahir Ini Keuangannya Stabil

 

Dalam upacara omed-omedan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari panitia hingga memilih muda-mudi yang akan dipasangkan. Setelah acara sudah siap, upacara diawali terlebih dahulu dengan berdoa di Pura Banjar yang dipimpin oleh Jero Mangku. 

 

Tujuannya memohon izin kepada Tuhan agar pelaksanaan omed-omedan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

 

Kemudian, muda-mudi ini digiring menuju lokasi omed-omedan yang sebelumnya sudah dibasahi air yang dilanjutkan dengan tari-tarian. Muda-mudi yang dipisah dalam kelompok laki-laki dan perempuan ini tidak serta merta langsung bertemu sekaligus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: